Sekda Membuka Musrenbang Provinsi Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 08 April 2021 10:50, Dibaca 755 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov. Kalteng Tahun 2021, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (08/4/2021). Musrenbang ini digelar dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan Musrenbang Tingkat Provinsi ini sebagai salah satu upaya mewujudkan sinergitas pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan di Prov. Kalteng. Fahrizal Fitri mengatakan pembangunan Kalteng Tahun 2022 merupakan Tahun peralihan Periode RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2016-2021 dengan RPJMD Tahun 2021-2026.

(Baca Juga : Salat Hajat awali Peringatan Puncak Isra Miraj Pemprov Kalteng)

“Perencanaan Pembangunan Tahun 2022 akan menjadi tahun awal dalam menentukan perencanaan pembangunan untuk 5 tahun ke depan”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri mengutarakan tema RKPD Tahun 2022 adalah “Stabilitas Ekonomi dengan Penguatan SDM yang Berdaya Saing”, dengan prioritas pembangunan tetap pada bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian dalam arti luas yang diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Daerah. Fahrizal Fitri menjelaskan sebagaimana diketahui, akibat pengaruh Pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kalteng pada tahun 2020 adalah minus 1,40 persen. Meski demikian, Pertumbuhan Ekonomi Prov. Kalteng masih lebih baik dibandingkan Nasional yang sebesar minus 2,07 persen. Selain itu, Angka Kemiskinan 5,26 persen lebih baik dari Nasional sebesar 10,19 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 sebesar 71,05. Dan, Gini Ratio 0,320 lebih baik dibandingkan Nasional sebesar 0,382.

Berkenaan dengan hasil Rapat Kerja Gubernur dengan Menteri PPN/ Kepala Bappenas RI pada Bulan Februari, dan juga berdasarkan Rakortekrenbang beberapa waktu yang lalu, Fahrizal Fitri menyampaikan kembali sejumlah usulan Proyek Prioritas Prov. Kalteng. usulan Proyek Prioritas Prov. Kalteng diantaranya pembangunan Bandara Sebuai, perpanjangan Runway Bandara Tjilik Riwut, penyelesaian Ruas Jalan Missing Link Jalan Lintas Tengah Kalteng Menuju Batas Kalbar, pemenuhan Standar 2-7-2 Ruas Jalan Nasional Trans Kalimantan, pembangunan Pelabuhan Utama di Prov. Kalteng, peningkatan Jalan akses menuju pelabuhan Bahaur, pembangunan Jalan Akses Menuju Pelabuhan Segintung di Kabupaten Seruyan, pengembangan Kawasan Food Estate, pengembangan Peternakan Sapi di Kabupaten Sukamara, pembangunan Rumah Sakit Kelas B di Kabupaten Seruyan dan penanganan Stunting di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Prov. Kalteng.

Fahrizal Fitri berharap semua Peserta Musrenbang dapat mengikuti rangkaian kegiatan Musrenbang ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat menghasilkan program/kegiatan dan terobosan-terobosan dalam mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Yuren S. Bahat. Diskusi diantaranya mendapatkan masukan dari  anggota DPD RI Dapil Kalteng A. Teras  Narang, Angggota DPR RI Ary Egahni Bahat dan Willy M. Yoseph. 

Sesi diskusi berikutnya diberikan kesempatan kepada Bupati dan Walikota untuk menyampaikan masukan dan dan usulan dalam Musrenbang tersebut.


Hadir secara langsung Inspektur Prov. Kalteng H. Sapto Nogroho dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Hadir secara virtual diantaranya Anggota DPR RI  dan DPD RI, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa, Kemendari Eko Prasetyo Purnomo Putro, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/Bappenas RI Arifin Rudiyanto, Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati/Walikota dan Kepala Perangkat Daerah. (AS/WDY/Foto:Doni)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook