Pertemuan Lintas Sektor Advokasi Penguatan Implementasi Lima Pilar STBM Kobar Tahun 2021

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 07 April 2021 15:54, Dibaca 1,305 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Kegiatan Advokasi Penguatan Implementasi Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2021 di aula Dinkes pada Rabu (7/4/2021). Pelaksanaan Pertemuan Advokasi Penguatan Implementasi Lima Pilar STBM ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang STBM, serta komitmen untuk berjejaring menggalang pemberdayaan masyarakat pada tatanan lintas sektor.

Peserta pertemuan ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari OPD Lintas Sektor (Dinas PUPR, DLH dan DPMD), Kepala Puskesmas di wilayah Kobar, Kodim 1014/Pbun, Koramil di 5 kecamatan di Kobar dan Babinsa dari 18 desa di wilayah Kobar. Narasumber kegiatan ini dari Seksi Kesehatan lingkungan Dinkes Provinsi Kalteng, Kartinus Aprianus dan dari Seksi Kesehatan Lingkungan Dinkes Kobar Dortua Lince Sidabalok, SKM, M.K.M.

(Baca Juga : Implementasi Kabupaten Bebas Pungli, Satgas Saber Pungli Kalteng Laksanakan Supervisi di Kabupaten Kobar)

Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois menyampaikan bahwa akses sanitasi masyarakat di Kabupaten Kobar pada Tahun 2021 tercatat telah mencapai 91,02% dengan 3.139 keluarga masih berperilaku buang air besar sembarangan (BABS).

“Dari 94 desa/kelurahan yang ada, 56 desa/kelurahan diantaranya telah terverifikasi sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) dan 2 dari 6 kecamatan juga telah mendeklarasikan diri ODF,” tutur Rois.

Kepada seluruh peserta kegiatan Achmad Rois juga mengajak untuk tidak bosan fokus dalam tatanan STBM karena masih banyak infeksi yang bisa diminimalkan untuk keselamatan bangsa. “Jangan bosan untuk fokus dalam tatanan STBM, karena banyak infeksi yang bisa kita minimalkan dan ketika infeksi itu bisa kita minimalkan kita bisa menyelamatkan bangsa ini,” tandasnya. (dinkeskobar/irawan)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook