Menko Marves Tegaskan Food Estate Harus Berjalan Sesuai Aturan

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 April 2021 17:09, Dibaca 77 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh stakeholder terkait baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah agar bekerja sungguh-sungguh dalam melaksanakan program food estate di Kalteng.

“Kerjanya jangan setengah-setengah. Kerjanya harus sungguh-sungguh, tidak usah main-main”, ucap Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan arahannya usai melakukan peninjauan kawasan food estate sekaligus melihat langsung kegiatan tanam padi  di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Selasa (6/4/2021).

(Baca Juga : Di Usia yang ke-69, Gubernur Berharap Kabupaten Barito Utara Mampu Memberikan Pelayanan Secara Prima Kepada Masyarakat)

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah meminta pihak Pemerintah Pusat untuk memastikan program food estate berjalan sesuai aturan.

“Bapak Presiden meminta kita melihat kebawah, cek detail sampai dimana. Kemaren Bapak Presiden meminta kepada saya agar memastikan program ini berjalan sesuai aturan. Jadi kami ramai-ramai datang kesini untuk melihat perkembangan food estate sesuai dengan bidang masing-masing”, jelas Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kita undang konsultan dari luar dan mengundang ahli-ahli dari kita. Semua kemampuan yang ada di kita, kita padukan untuk memastikan bahwa proyek yang dibuat Pemerintah ini bisa jalan dengan baik”, tambahnya.

Terkait adanya laporan tentang lahan yang pernah ditinggalkan seperti yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya akan mengadakan rapat terpadu.

“Tadi saya sudah siapkan agendanya. Saya minta untuk menyelesaikan apa saja masalahnya”, tandas Luhut Binsar Pandjaitan. 


Sementara itu, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan harapan agar kegiatan yang dilaksanakan lebih bersifat Padat Karya dengan melibatkan masyarakat petani secara langsung.

“Mengingat kita masih dalam suasana Pandemi Covid-19 , dimana Sektor Pertanian inilah yang mampu menunjukan dan menyumbang nilai positif pemulihan ekonomi baik regional maupun nasional”, pungkas H. Sugianto Sabran.

Pada kesempatan tersebut, Menko Marves melakukan dialog dengan para Petani Desa Bentuk Jaya sekaligus menyerap aspirasi masyarakat setempat.

Hadir secara khusus Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Heriyanto. Gubernur Kalteng didampingi oleh Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo.(WDY/Foto:Riduan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook