Gubernur Kalteng Dampingi Sejumlah Menteri Tinjau Kawasan Food Estate di Dadahup, Kapuas

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 April 2021 16:08, Dibaca 14 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Heriyanto melakukan kunjungan kerja kerja (Kunker) ke Kabupaten Kapuas. Kunker Menko Marves beserta rombongan dalam rangka peninjauan kawasan food estate sekaligus melihat langsung kegiatan tanam padi  di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Selasa (6/4/2021).  

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah saya mengucapkan selamat datang pada Bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Pertanian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Kantor Staf Presiden Republik Indonesia beserta seluruh rombongan di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Tanah Berkah Kalimantan Tengah”, tutur Gubernur H. Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya.

(Baca Juga : Kontingen Kalteng Kembali Raih Medali pada Hari Keenam POPNAS XVI Tahun 2023)

“Pada hari ini kita secara bersama-sama, memulai Musim Tanam April - September 2021 yang sebelumnya kita telah menyaksikan gerakan percepatan olah lahan dan juga penanaman padi bersama Kelompok Tani di Desa Bentuk Jaya, Dadahup A5, Kecamatan Dadahup ini”, tambah H. Sugianto Sabran.

H. Sugianto Sabran mengharapkan kedepan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi beserta Pemerintah Daerah akan lebih baik dan sempurna sehingga mampu memenuhi kedaulatan pangan terutama beras sehingga mampu menyumbang peningkatan produksi beras secara nasional.

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentu selaku Gubernur Kalimantan Tengah dan atas nama Pemerintah Daerah serta segenap Masyarakat, saya tetap mengharapkan bantuan dukungan terutama pada daerah kawasan yang menjadi lokasi food estate ditahun 2020 dan tahun 2021 juga semua daerah Kabupaten/Kota Kalimantan Tengah secara keseluruhan”, ucap Gubernur.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai secara khusus menyampaikan permohonan kepada Kementerian Pertanian untuk tetap mengalokasikan stimulan bantuan sarana produksi berupa Benih dan Pupuk. Gubernur juga menyampaikan permohonan kepada Kementerian PUPR kiranya dapat terus mendukung perbaikan infrastruktur pendukung seperti tanggul-tanggul dan jaringan irigasi yang dilengkapi pintu-pintu air, jalan, jembatan dan lain-lain.


Sementara itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan arahannya mengatakan bahwa program Food estate di Kalteng sudah baik.

“Apa yang dikerjakan oleh Menteri Pertanian dan Menteri PUPR, sudah wah hasilnya”, jelas Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pihaknya akan kembali melihat secara langsung perkembangan food estate di Kalteng.

“Kita akan datang 3 bulan lagi untuk melihat ini. Ini memang tidak bisa sekali rapat di Istana sudah dianggap selesai. Bapak presiden meminta kita melihat langsung kebawah, cek detail sampai dimana”, tandas Luhut Binsar Pandjaitan.


Gubernur Kalteng didampingi oleh Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo.(WDY/Foto:Riduan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook