Utamakan Pencegahan Dalam Penanggulangan DBD

Kontribusi dari Iin Carolina, 29 Oktober 2018 11:20, Dibaca 1,855 kali.


MMCKalteng - Wilayah Kota Palangka Raya dalam seminggu terakhir ini diguyur hujan cukup deras yang menandakan mulainya musim penghujan. Seiring perubahan musim tersebut, maka salah satu gejala penyakit yang selalu muncul adalah demam berdarah dengue atau DBD. Terlebih berdasarkan informasi, penderita DBD sudah mulai ditemui di beberapa puskesmas di Kota Palangka Raya, bahkan sudah merenggut korban jiwa.

Untuk menindaklanjuti itu, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama dengan Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Camat Pahandut, Lurah Pahandut serta jajaran perangkat daerah lainnya, melakukan peninjauan langsung ke pusat pelayanan kesehatan. Salah satunya di Puskesmas Pahandut Jalan Letkol Darmosugondo Palangka Raya.

(Baca Juga : Tim Satgas Kapuas Kembali Inspeksi dan Disinfeksi 10 ABK dari Zona Merah)

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pencegahan DBD, pihak kelurahan dan kecamatan pun sudah diimbau untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat," katanya, Senin (29/10/2018), usai melakukan peninjauan.

Fairid pun mengakui, jika penyakit DBD secara medis belum ditemukan obat yang tepat, hanya saja masyarakat dapat mencegah dengan menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan membersihkan lingkungan masing-masing.

"Kuncinya sederhana, yakni menerapkan hidup bersih. Terutama dimulai dari lingkungan keluarga," ingatnya.

Sementara dari hasil peninjauan ke Puskesmas Pahandut, menurut Fairid, secara umum pelayanan kesehatan yang dilakukan sudah maksimal.

"Tadi saya sempat berbincang dengan warga, mereka katakan semua pelayanan yang diberikan pihak puskesmas sudah baik,"ucapnya.

Fairid, mengakui masih ada kekurangan yang perlu ditambah dalam peningkatan pelayanan pada puskesmas, hanya saja semuanya secara bertahap dan perlahan dipenuhi oleh Pemerintah Kota. Seperti salah satunya adalah lapangan parkir puskPuske yang masih sempit. Kedepan kami akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan terkait parkir, sebab akan menggeser terminal angkutan umum yang persis didepan Puskesmas Pahandut," pungkasnya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook