Pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2022, Bupati Hj Nurhidayah Fokuskan Prioritas Pembangunan Kobar Tahun 2022

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 31 Maret 2021 14:48, Dibaca 327 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bappeda pada Rabu (31/03/2021) ini dibuka langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman, Unsur Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala SOPD, Kepala BPJS, Rektor Untama, Camat dan Lurah, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Perwakilan dari organisasi profesi. Turut hadir secara daring Perwakilan Bappeda Litbang Provinsi Kalteng dan Tim dari Universitas Brawijaya. 

(Baca Juga : Malam Hiburan Rakyat Dihibur Oleh Artis Lokal)

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam sambutannya mengatakan bahwa RKPD Tahun 2022 disusun dengan Tema ‘Stabilitas Kemandirian Perekonomian Daerah Disertai dengan Penurunan Kesenjangan dan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kotawaringin Barat’, yang merupakan tahun terakhir RPJMD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2017-2022.

“Tema pembangunan daerah ini selaras dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 yaitu ‘Stabilitas Ekonomi dengan Penguatan SDN yang berdaya saing’,” tutur Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah melanjutkan bahwa prioritas pembangunan tahun 2022 Kabupaten Kobar memfokuskan pada :

1.Penguatan ketahanan ekonomi daerah melalui peningkatan produktivitas sektor unggulan meningkatkan sumber daya manusia unggul, berdaya saing dan berkarakter.

2. Optimalisasi pelayanan dasar publik, pemenuhan infrastruktur dasar penunjang aksesibilitas, perekonomian, dan mitigasi bencana.

3. Meningkatkan kemudahan berusaha dalam rangka pengembangan industri berbasis kerakyatan dan industri kreatif.

4. Akselerasi transformasi digital dalam tata kelola pemerintahan.

5. Meningkatkan stabilitas lingkungan yang aman dan tertib.

“Alhamdulillah, Kabupaten Kotawaringin Barat masuk dalam salah satu major project dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu ‘Kawasan Industri Surya Borneo’ yang berlokasi di Kecamatan Kumai. Proyek strategis ini diharapkan mampu menyelesaikan isu-isu pembangunan, manfaatnya langsung dapat dirasakan masyarakat, serta memiliki daya ungkit tinggi (leverage) untuk mencapai sasaran prioritas pembangunan khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ungkap Bupati Hj Nurhidayah.

Selain itu, lanjutnya, Provinsi Kalimantan Tengah tepatnya di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau juga telah ditetapkan sebagai kawasan food estate (kawasan sentra produksi pangan) yang merupakan proyek prioritas nasional. “Saya harapkan Kabupaten Kotawaringin Barat dapat mengambil bagian dan peran serta mensukseskan program prioritas nasional tersebut,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Hj Nurhidayah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas partisipasi dan kerja samanya selama ini dalam mensukseskan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kobar.

"Saya berharap pada momentum Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2022, bapak ibu semua dapat memberikan masukan dan saran serta penajaman terhadap rancangan RKPD tahun anggaran 2022 guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Hj Nurhidayah. (humas diskominfo kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook