Kumpulkan Pegawai, Kabapas Palangka Raya Mantapkan Tim Pembangunan Zona Integritas

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 18 Maret 2021 15:41, Dibaca 111 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sebagai langkah kongkret dalam mewujudkan pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Palangka Raya, Dwi Santosa kumpulkan seluruh pegawai guna memantapkan susunan tim yang telah dibentuk guna pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM pada Kamis (18/3/2021) pagi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bapas Palangka Raya.

Pembangunan ZI merupakan langkah awal dari serangkaian tahapan dalam penilaian WBK dan WBBM. Program ini awalnya dicetuskan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di lingkungan Instansi Pemerintah, yang meliputi 6 area perubahan bidang Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.

(Baca Juga : Kemenag dan BPN Gumas Sepakat Percepat Sertifikasi Tanah Wakaf)


Dalam kesempatan itu, Dwi Santosa memaparkan kiat-kiat yang dilakukan dalam pembangunan ZI ketika masih menjabat sebagai Kepala Lapas Kelas IIB Muara Bulian, Jambi yang pada saat itu sampai pada tahap penilaian oleh Tim Penilai Nasional.

"Saya kira kita untuk sekarang ini hampir semua unit pelaksana teknis mampu untuk mengerjakan berkas-berkas lembar kerja evaluasi (LKE) karena didukung oleh pegawai yang cukup mumpuni, yang menjadi pembeda adalah bagaimana kita menjaga kualitas layanan kita kepada masyarakat agar dalam pengisian survei kepuasan konsumen masyarakat dapat memberikan jawaban yang puas atas layanan yang kita berikan," ungkapnya.


Ia menambahkan, "Selain itu kita juga harus mampu membuat inovasi terobosan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna jasa kita terutama klien pemasyarakatan dan keluarganya, tidak selalu hal baru karena pada prinsipnya dapat menambah, mengubah atau menyempurnakan yang sudah ada. Buat suatu pekerjaan jangan seadanya, tapi buatlah suatu pekerjaan semaksimal mungkin agar hasilnya memuaskan," tegas Dwi. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook