Sosialisasi dan Pembentukan Forum Komunikasi GERMAS Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Iin Carolina, 19 Oktober 2018 21:20, Dibaca 2,114 kali.


MMCKalteng - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu sistematis dan terencana yang dilakukan bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan Germas dimulai dari keluarga karena keluarga adalah bagian terkecil dalam masyarakat untuk membentuk suatu kepribadian. Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya gelar sosialisasi dan persiapan Pembentukan Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang bertempat di Ruang Rapat Rahan Pumpung Hapakat Bappeda Kota Palangka Raya, Jumat (19/10/2018).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, dr.Andjar Hari Purnomo menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan merupakan instansi teknis pelaksanaan Germas yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 dan bergantung pada pusat dan provinsi untuk mekanisme pembentukannya, dan untuk leading sektor forum komunikasi nya dibawah Bappeda Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Peringati Hari Jadi ke-12, Bupati Kobar Dorong Sungai Dau Jadi Desa Yang Maju dan Mandiri)

Dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Pemerintah Kota Palangka Raya menyusun panduan yang dijadikan acuan untuk Pimpinan Daerah, Pimpinan Institusi Pemerintahan dan masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha untuk mengawali dan melaksanakan kegiatan Germas di lingkungan masing-masing.

Dikatakan dr. Andjar bahwa esensi dan fungsi bahwa Germas ini adalah milik bersama dan hal-hal yang mengandung hajat hidup orang banyak dan masalah kesehatan, pendidikan pun menjadi tanggung jawab kita bersama.

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental, Germas mengajak masyarakat untuk membudidayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan buruk atau perilaku yang tidak sehat.

 

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook