Dislutkan Prov. Kalteng Hadirkan Buku Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 24 Februari 2021 14:11, Dibaca 506 kali.


Provinsi Kalimantan Tengah memiliki tujuh Kabupaten Pesisir (memiliki/berbatasan dengan perairan laut) yang berhadapan langsung dengan Laut Jawa, yakni Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Pulang Pisau dan Kapuas. Wilayah pengelolaan pesisir Provinsi Kalimantan Tengah ke arah laut sejauh 12 mil diukur dari garis pantai pasang tertinggi  dengan total luas perairan seluas 12.393,390 km2, dan total panjang garis pantai ± 703,91 km.

Di sepanjang wilayah pesisir Kalimantan Tengah terbentang wilayah laut yang strategis dan kaya akan berbagai sumber daya hayati maupun non-hayati. Selain itu, terdapat juga keindahan alam pantai, gosong dan pulau-pulau kecil yang dapat memberikan jasa lingkungan.

(Baca Juga : Sejarah Bangunan Museum Balanga)

Pemanfaatan kekayaan pesisir, laut dan pulau-pulau kecil di Kalimantan Tengah dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah melalui pengelolaan potensi perikanan, jasa lingkungan, energi kelautan dan pertambangan, dan lainnya. Agar potensi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dapat dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan demi kemakmuran masyarakat Kalimantan Tengah, maka perlu dilakukan pengelolaan wilayah pesisir dengan cara perencanaan, pemanfaatan, pengawasan, dan pengendalian.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah melalui Bidang Kelautan dan Perikanan berinisiasi membuat Buku Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut Provinsi Kalimantan Tengah. Buku ini bertujuan untuk menyajikan data dan informasi terkait kelautan dan pesisir Provinsi Kalimantan Tengah dengan maksud untuk memberikan gambaran mengenai kondisi perairan laut dan pesisir Provinsi Kalimantan Tengah saat ini, serta rencana pengelolaan yang ingin diwujudkan di masa mendatang, termasuk di dalamnya peran dan pemberdayaan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan dan pengelolaannya. Buku ini dapat kita download di laman https://geoportal-lautberkah.kalteng.go.id/storage/app/uploads/public/603/4d2/d0b/6034d2d0b3e97758725372.pdf

"Ketersediaan data dan informasi kelautan dan perikanan Kalimantan Tengah dapat menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat serta para pemangku kepentingan dan dapat menjadi landasan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah yang tepat pada masa yang akan datang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah Ir. H. Darliansjah, M.Si, Rabu (24/2/2021). (BAM, ADT/Foto: LIAN)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook