SAIK 2017 Bukan hanya Ajang Kumpul Kumpul

Kontribusi dari Administrator, 23 November 2017 08:02, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, mengevaluasi kegiatan Sinergi Aksi dan Informasi Komunikasi Publik (SAIK) Tahun 2017 di Palembang, Rabu (22/11). Chief RA, panggilan akrab Rudiantara mengatakan bahwa ini merupakan kali ketiga ia hadir dalam kegiatan sejenis namun hanya berganti nama. Dia berharap dari kegiatan ini ada hal konkret yang dapat ditindaklanjuti seluruh peserta.

“Saya berharap setelah forum ini ada kelompok kerja yang menindaklanjuti hasil dari kegiatan ini kemudian dievaluasi tiap bulan, tiap triwulan, dan tiap satu tahun,” ujarnya. 

(Baca Juga : Penertiban Dan Pengawasan Lalu Lintas Jalan)

Kelompok kerja tersebut harus mampu merumuskan rencana kerja yang harus dilakukan seluruh institusi pengelola informasi dan komunikasi publik di Indonesia. Selanjutnya dievaluasi secara berkala hingga pada pelaksanaan SAIK tahun depan. Ini artinya kelompok kerja sudah mendapat gambaran apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan untuk SAIK berikutnya.

“Jadi ketika kita kumpul tahun depan kita sudah tahu apa yang sudah kita lakukan bukan kita kumpul kegiatan kumpul hanya untuk menghidupkan ekonomi tuan rumah saja,” tegasnya.

Kegiatan kumpul-kumpul ini menurut Chief RA dikarenakan selama ini program pemerintah disesuaikan dengan anggarannya bukan anggaran yang menyesuaikan dengan kegiatan. “Sekarang harusnya dibalik, program dulu kita buat baru kita tetapkan uangnya,” jelasnya.

Padahal, lanjut Chief RA, perubahan di luar begitu dinamis dan sudah seharusnya dapat mengambil peran tidak hanya menjadi penonton dari perubahan tersebut. “Media sosial makin garang, hoax kadang ada kadang tidak, kita perlu mengambil peran atas dinamika ini,” jelas Menkominfo.

SAIK 2017 di Kota Palembang dihadiri 1000 peserta dan merupakan tempat berkumpul, bersilaturrahmi, dan berbagi antar humas dari seluruh Indonesia. Ada beberapa even dalam kegiatan yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI selama 21-24 November 2017 ini. Antara lain, forum bakohumas, forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Festival Kelompok Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional, temu blogger hingga pameran produk humas.

Sumber dan Foto JNR .

Administrator

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook