Perayaan Imlek Diimbau Patuhi Prokes dan Digelar Sederhana

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 11 Februari 2021 11:29, Dibaca 32 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kementerian Agama mengimbau umat Konghucu untuk memperingati Hari Raya Imlek 2572 Kongzili, yang jatuh pada 12 Februari 2021, secara sederhana dan mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid ketika dibincangi di ruang kerjanya di Palangka Raya, Kamis (11/2/2021).

Menurut H. Abd. Rasyid, kepatuhan atas protokol kesehatan mutlak dilakukan mengingat masih terjadi peningkatan angka kasus positif covid-19 di Indonesia.

(Baca Juga : Lapas Muara Teweh Tetap Berikan Layanan Video Call dan Titipan Makanan di Moment Idul Adha)

“Indonesia dan dunia sedang mengalami pandemi Covid-19. Saya kira umat Konghucu juga menyesuaikan diri bahwa perayaan Imlek itu bisa dirayakan dengan cara yang sederhana,” tutur H. Abd. Rasyid.

Dikatakan H. Abd. Rasyid, Kemenag pusat menyampaikan dirinya sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh Konghucu dan tokoh Tionghua untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama perayaan Imlek tahun ini. Salah satunya, dengan melakukan perayaan secara virtual.

“Dan untuk wilayah Kalimantan Tengah, kami juga telah menyampaikan melalui Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota bahwa perayaan Imlek sebisa mungkin dilakukan secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” bebernya.

Misalnya, saling mengunjungi atau silaturahmi bisa diganti dengan cara-cara yang bisa menjaga satu dengan yang lainnya dari pandemi Covid-19. Termasuk dengan cara virtual.

Kakanwil mengimbau umat Konghucu menjadikan Hari Raya Imlek sebagai momentum untuk refleksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ia mengajak umat Konghucu berdoa supaya bangsa Indonesia dan umat manusia terbebas dari pandemi covid-19.

"Mari kita kembalikan ajaran-ajaran Tian dan memaknainya bahwa agama ini diturunkan untuk memuliakan sesama manusia, menjaga sesama manusia, melindungi sesama manusia dengan kebaikan-kebaikannya. Selamat merayakan Imlek kepada umat Konghucu kita semua berharap diberkati untuk tahun yang akan datang," tandas H. Abd. Rasyid. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook