Sosialisasi dan Edukasi Protokol Kesehatan di Pasar Besar Palangka Raya

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 04 Februari 2021 12:40, Dibaca 535 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Upaya pencegahan penularan dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker. Himbau dan anjuran Pemerintah agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan menjauhi kerumunan terus digaungkan. Salah satu upaya agar himbauan dan ajuran tersebut tepat sasaran ke masyarakat adalah dengan melakukan sosialisasi dan edukasi pendekatan secara preventif sambil membagikan masker di Pasar Besar Palangka Raya, Kamis (4/2/2021).

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Riviko mewakili Ketua Pelaksana Harian mengatakan, berdasarkan data perkembangan terbaru kasus Covid-19 di Kalteng, Rabu (3/2/2021) pukul 15.00 WIB, yang dirilis oleh Media Center Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, jumlah akumulasi data sampai dengan saat ini, pasien konfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak 19 orang dengan total kasus mencapai 12.153 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 95 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia sebanyak 321 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 2,6 persen.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Sampaikan Materi Manajemen Kinerja Pada Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) )

Sebagai upaya menekan terjadinya penularan Covid-19 dapat dilakukan melalui himbauan dan ajuran untuk tetap menggunakan masker yang disampaikan melalui sosialisasi dan edukasi, agar lebih dipahami mulai kalangan bawah sampai kalangan atas menggunakan media cetak, media eletronik, baleho, spanduk, stiker dan lain-lain.

“Himbauan wajib menggunakan masker tersebut untuk menjaga dan melindungi diri masing-masing agar tidak tertular Covid-19, maka dari itu sangatlah penting untuk selalu memakai masker dimanapun dan kapanpun. Maskerku melindungimu, dan maskermu melindungiku,” jelasnya.

“Dari beberapa kasus yang terjadi, dari sebagian orang yang terpapar Covid-19 tidak menunjukkan gelaja atau tanda, sehingga sulit untuk dikenali antara yang pasien Covid-19 dan yang bukan pasien, dan untuk membuktikannya harus melalui tes swab PCR”, tutupnya (Pky.4/2/2021 DewiS/foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook