Gubernur H. Sugianto Sabran : Program Food Estate di Kalteng Mempunyai Banyak Dampak Positif Seperti Pembangunan Infrastruktur, Lapangan Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi

Kontribusi dari Widia Natalia, 02 Februari 2021 16:55, Dibaca 222 kali.


MMCKalteng – Gunung Mas – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran meninjau langsung kawasan Food Estate yang berada di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas. Gubernur didampingi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Komandan Korem (Danrem) 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng Sutoyo.

Hadir dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas yakni Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong beserta unsur Forkopimda setempat.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Keluarkan Himbauan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan, Lahan dan Pekarangan)

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan rencananya akan mengundang Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk mengahadiri panen perdana di Kawasan Food Estate di Desa Terusan, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas dan di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas. H. Sugianto Sabran menyampaikan program food estate di Kalteng mempunyai banyak dampak positif untuk masyarakat Kalteng seperti pembangunan infrastruktur, lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi.

H. Sugianto Sabran juga mengatakan program food estate khususnya singkong di Gunung Mas, menunjukkan perhatian serius Pemerintah Pusat kepada Kalteng.

“Saya meminta masyarakat Kalimantan Tengah jangan pesimis, mari kita optimis, karena ini baru pertama kali. Kalau dari awal kita sudah pesimis bagaimana kedepannya kita bisa sukses”, tutur H. Sugianto Sabran.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut meyakini dengan ketulusan dan keikhlasan seluruh masyarakat Kalteng termasuk unsur Pimpinan di Kalteng untuk bersama-sama mensukseskan Program Food Estate di Kalteng.

“Insyaallah pasti baik hasilnya”, imbuhnya.

Lebih lanjut H. Sugianto Sabran mengutarakan, Presiden melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan secara total telah mempercayakan Kalteng menjadi Lumbung Pangan Nasional dan cadangan logistik.

“Kita berdoa sehingga terjawablah lapangan pekerjaan, dimana diketahui saat ini banyaknya terjadi PHK akibat dampak dari pandemi Covid-19. Selain itu, terbuka lapangan pekerjaan untuk yang tamatan SMK, SMA, S-1 dari pertanian, perikanan, sehingga terbuka lapangan pekerjaan yang begitu besar. Tinggal dari masyarakatnya lagi, harus mau jadi petani dan harus mau jadi pekerja keras. Jangan malu jadi petani, petani adalah kerjaan yang mulia”, tambahnya.


Gubernur juga mengatakan akan terus melakukan persiapan untuk panen perdana nantinya. Gubernur berharap pada panen perdana dihadiri langsung oleh Presiden beserta jajarannya.

Diketahui, lahan singkong yang sudah siap digarap di Kabupaten Gunung Mas sebesar 537 Hektar. Bibit singkong tersebut berasal dari Kalteng sendiri.

“Ada sekitar 20 hektar lahan yang siap ditanam”, pungkasnya.

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook