Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Hadiri Rapat Pemuktahiran Data dan Rencana Alokasi Anggaran 2022-2024

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Januari 2021 16:58, Dibaca 776 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nurul Edy mewakili Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri menghadiri Rapat Pemuktahiran Data dan Rencana Alokasi Anggaran 2022-2024. Rapat diikuti Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng secara virtual melalui video conference dari Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (26/01/2021).

Rapat ini diselenggarakan oleh Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Inprastruktur Prioritas (KPPIP) dalam rangka mendukung terlaksananya implementasi Proyek Strategis Nasional (PSN), dimana diperlukan prioritisasi dan rencana pengalokasian Anggaran Tahun 2022-2024 guna mendapatkan dukungan prioritas dalam pengalokasian anggaran.

(Baca Juga : Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Gelar Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Menulis Bagi Anak-Anak Pelajar/Siswa SLTP dan SLTA)

Rapat dibuka oleh Tim dari KPPIP selaku Kepala Bidang Pembiayaan Infrastruktur Djoko Wibowo.

Laporan awal dari Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Suroto menyampaikan terkait agenda pembahasan pada kegiatan rapat kali ini yakni terkait Evaluasi pemuktahiran data untuk sektor transportasi dan estimasi rencana alokasi anggaran 2022-2024. Terdapat 15 Daftar Proyek PSN sektor kereta yang disampaikan, termasuk proyek kereta api Puruk Cahu – Batanjung melalui Bangkuang di mana penanggung jawab proyeknya adalah Pemprov. Kalteng.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy yang turut menghadiri Rapat dan ikut melakukan dialog dalam rapat tersebut menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah mengkoormodir perubahan yakni tindak lanjut usulan Pemprov. Kalteng terkait surat yang sudah disampaikan pada awal Tahun 2020 lalu. Pada kesempatan tersebut, Yulindra Dedy menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan review bersama BPKP Prov. Kalteng mengenai implementasi PSN di Prov. Kalteng.

Yulindra Dedy mengutarakan bahwa banyak hal yang perlu menjadi perhatian bersama terkait PSN yang akan dilanjutkan dan dilaksanakan pada Tahun 2021-2024 ini. Yulindra Dedy berharap dukungan dari pihak-pihak terkait, dalam hal ini Pemerintah Pusat, secara khusus Kementerian Perekonomian dan Kementerian Perhubungan.

Disampaikan oleh Yulindra Dedy, berdasarkan hasil review bersama BPKP Prov. Kalteng, terkait dokumen uji kelayakan, masih terdapat banyak hal yang perlu di kaji kembali karena sudah tidak sesuai dengan kekinian.

"Kita perlu melakukan kajian-kajian ulang kembali sehingga nanti bisa melaksanakan Perpres 109 ini sebagaimana diharapkan kita", tutur Yulindra Dedy.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng berharap dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Pusat sehingga pada saatnya PSN proyek Kereta Api di Kalteng yakni Puruk Cahu – Batanjung melalui Bangkuang dapat sesuai dengan catatan-catatan, kemudian sesuai dengan harapan dari pihak Pemprov. Kalteng dan BPKP Prov. Kalteng.

Turut hadir dalam rapat tersebut yakni Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov. Kalteng Istani. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook