Wagub Kalteng Membuka Secara Resmi Seleksi POPNAS XVI Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 Cabor Pencak Silat dan Tenis Meja di Kabupaten Lamandau

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Januari 2021 08:43, Dibaca 268 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya  menghadiri acara Ramah tamah dan membuka secara resmi seleksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Provinsi (Prov) Kalteng Tahun 2021 Cabang Olahraga Pencak Silat dan Tenis Meja di Kabupaten Lamandau. Acara ini berlangsung di Aula Bappeda Kota Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau, Kamis (21/01/2021).

Kepala Dispora Kabupaten Lamandau Luhut Tampubolon dalam laporannya menyampaikan seleksi POPNAS Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 untuk Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat akan digelar di GPU Lantang Torang, Nanga Bulik pada tanggal 22-23 Januari 2021. Sedangkan, untuk Cabor Tenis Meja akan digelar di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau pada tanggal 22-23 Januari 2021.

(Baca Juga : Isteri Gubernur Kalteng Ajak Pelajar SMA/SMK dan Madrasah Aliyah se-Kabupaten Barito Utara di Muara Teweh Bijak menggunakan alat komunikasi)

Luhut Tampubolon mengutarakan bahwa peserta seleksi untuk Cabor pencak silat berasal dari 5 Kabupaten/Kota yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Lamandau, dengan perincian 37 atlet putra dan 27 atlet putri. Untuk Cabor tenis meja, peserta seleksi berasal dari 9 Kabupaten/Kota yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Lamandau, dengan perincian 18 atlet putra dan 9 atlet putri.  Untuk diketahui, berdasarkan informasi terakhir menyebutkan bahwa atlet dari Kabupaten Katingan mengundurkan diri dari seleksi.

Lebih lanjut Luhut Tampubolon mengatakan untuk dewan juri Cabor pencak silat berjumlah 15 orang yang berasal dari Kota Palangka Raya 9 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 2 orang, dan Kabupaten Lamandau 2 orang. Sedangkan, dewan juri Cabor tenis meja, berjumlah 10 orang yang berasal dari Kota Palangka Raya 3 orang dan Kabupaten Lamandau 7 orang.

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya dalam arahannya menyampaikan Pemprov. Kalteng selalu mendukung apa yang ingin dicapai untuk peningkatan prestasi olahraga di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila yang menjunjung falsafah Huma Betang. Bersatu dan bekerja sama merupakan modal utama dalam pencapaian suatu tujuan.

Habib Ismail Bin Yahya mengajak semua stakeholders untuk bersama-sama, saling bahu-membahu dan bersinergi untuk mendorong tercapainya prestasi olahraga Kalteng dalam berbagai event, baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Begitu pula dengan event Pekan Olahraga Pelajar Nasional/ POPNAS ke-16 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus-05 September 2021 di Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Bangka Belitung”, ucap Habib Ismail Bin Yahya.

Lebih lanjut Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan, POPNAS merupakan ajang olahraga pelajar tertinggi dan bergengsi di tingkat Nasional, sehingga harus dipersiapkan dengan matang dan terencana, sehingga dapat meraih prestasi maksimal dan medali emas sebanyak-banyaknya, demi mengharumkan nama Kalteng. Habib Ismail Bin Yahya menyambut baik penyelenggaraan Seleksi POPNAS Prov. Kalteng di Kabupaten Lamandau, yang akan mempertandingkan 2 cabang olahraga, yaitu Tenis Meja dan Pencak Silat.

“Seleksi ini tentunya menjadi bagian dari upaya untuk mempersiapkan sebaik mungkin kontingen Provinsi Kalimantan Tengah yang akan berlaga pada Popnas ke-16 di Provinsi Sumatra Selatan dan Bangka Belitung”, imbuhnya.

Wakil Gubernur Kalteng berharap melalui seleksi Popnas tersebut dapat terpilih atlet-atlet yang benar-benar memiliki skill dan mental bertanding yang bagus, agar nanti saat berjuang di ajang POPNAS ke-16 dan bisa bersaing dengan para atlet pelajar dari Provinsi-Provinsi lain dan mempersembahkan prestasi terbaik, sehingga dapat membawa harum nama Provinsi Kalteng di kancah Nasional.


Bupati Lamandau Hendra Lesmana dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan seleksi POPNAS kali ini diharapkan dapat menumbuhkan minat olahraga di kalangan pelajar sekaligus sebagai ajang bagi induk organisasi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI)  dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalteng, khususnya Kabupaten Lamandau untuk mengidentifikasi atlet muda berbakat. Hendra Lesmana juga berharap dilakukannya pembinaan secara berkesinambungan, sehingga di kemudian hari atlet tersebut dapat berprestasi di tingkat Nasional bahkan tingkat Internasional.

Pembukaan Seleksi POPNAS Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2021 ditandai dengan pemukulan bola pertama pertandingan ekshibisi tenis meja oleh Wagub Kalteng Habib Ismail Bin Yahya.


Rangkaian acara berlangsung meriah diisi dengan pertandingan ekshibisi tenis meja antara Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya berpasangan dengan Bupati Lamandau Hendra Lesmana melawan Dandim 1017/Lamandau Letkol Inf Hafes Isjafrin berpasangan dengan Ketua DPRD Kabupaten Lamandau M. Bashar yang juga menjabat sebagai Ketua PTMSI Kabupaten Lamandau.

Turut hadir mendampingi Wakil Gubernur Kalteng yakni Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng Falery Tuwan dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Guntur Talajan. Hadir pada acara Ramah tamah yakni Para Pengurus Cabang Olahraga / Badan Organisasi Keolahragaan, Tokoh - tokoh dan Praktisi Olahraga Kalteng.(Sumber : Biro Administrasi Pimpinan Setda Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook