Kadiskes Kalteng Mewakili Gubernur Kalteng Hadiri Pelepasan Pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Seluruh Kabupaten/Kota di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 09 Januari 2021 09:47, Dibaca 26 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri ceremonial Pelepasan pendistribusian Vaksin Covid-19 ke seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng. Acara pelepasan dilangsungkan di depan Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Sabtu (09/01/2021).


Pelepasan pendistribusian vaksin dilakukan langsung oleh Danrem 102/PJG Brigjen Purwo Sudaryanto. Turut hadir pada acara pelepasan diantaranya Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedy Prasetyo, Kajati Kalteng Mukri, Ketua MUI Prov. Kalteng Khairil Anwar dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

(Baca Juga : Disnakertrans Kalteng Akan Tindak Lanjut Jika Ada Laporan Keberadaan Tenaga Kerja Asing)

Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul menyampaikan, dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 perlu dilakukan upaya khusus tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan namun juga melalui upaya pemberian vaksin. Suyuti Syamsul mengatakan Pemprov. Kalteng pada tanggal 5 Januari 2021 lalu telah menerima sebanyak 14.680 dosis (8 koli) vaksin Covid-19.

Vaksin yang diterima yakni berjenis Sinovac. Pada tahap pertama, vaksin akan diberikan kepada kelompok prioritas penerima Vaksin Covid-19 yakni seluruh tenaga kesehatan serta penunjang fasilitas pelayanan kesehatan dan petugas tracing kasus vaksin Covid-19. Pada tahap berikutnya meliputi petugas pelayanan publik esensial sebagai garda terdepan yakni TNI, Polri, Satpol pp dan petugas pelayanan publik transportasi serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Suyuti Syamsul mengutarakan untuk proses vaksinasi akan dilaksanakan setelah dikeluarkannya otorisasi penggunaan darurat oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang dilakukan secara bertahap dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dan vaksinator yang terlatih. Suyuti Syamsul berharap pengiriman vaksin Covid-19 dapat tiba ditempat tujuan sesuai yang telah dijadwalkan.

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan dan aparat TNI-Polri yang turut serta mengawal pendistribusian vaksin Covid-19 sehingga pada saatnya nanti dapat dilaksanakan vaksinasi secara serentak dan menyeluruh. Suyuti Syamsul menambahkan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, pendistribusian dilakukan antara tanggal 8-11 Januari 2021 ke wilayah-wilayah Kabupaten/Kota.

Di Prov. Kalteng, pendistribusian terbagi menjadi dua gelombang yakni pendistribusian untuk gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2021 dan pendistribusian untuk gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021. Pendistribusian dilakukan dengan menggunakan jalur darat dan udara.

Untuk Kabupaten Gunung Mas dan Murung Raya, pendistribusian dilakukan melalui jalur udara. Sedangkan, untuk Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Pulang Pisau, Kapuas, Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Barito Selatan, Barito Timur dan Barito Utara menggunakan jalur darat.

“Jalur udara Gunung Mas sama Murung Raya. Untuk Daerah lainnya melalui jalur darat semuanya”, jelas Suyuti Syamsul. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook