Kunjungan Kerja di Kobar, Gubernur Kalteng Sekaligus Hadiri Peluncuran Bantuan Tunai secara Virtual

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 04 Januari 2021 22:18, Dibaca 235 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat Bertepatan dengan kunjungan kerja di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menghadiri Peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia secara virtual di aula kantor Bupati Kobar pada Senin (4/1/2021). Bantuan Tunai ini diluncurkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada seluruh gubernur di 34 provinsi se-Indonesia.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan terdapat 3 jenis bantuan yang diluncurkan, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai. “Tahun 2021 ini, penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan. Bantuan ini kita mulai hari ini, disalurkan kepada 34 provinsi,” ujar Presiden.

(Baca Juga : Delapan CCTV Dipasang di Palangka Raya)

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun pada APBN tahun 2021 untuk penerima dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. “Kita harapkan bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Jokowi.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam laporannya menyampaikan bahwa bantuan PKH ditargetkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total anggaran sebesar Rp 28,7 triliun. Penyaluran dilakukan dalam 4 tahap yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober melalui bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Sedangkan BPNT/Kartu Sembako target pertama adalah 18,8 juta keluarga, masing-masing mendapatkan Rp 200 ribu setiap bulannya, dengan target anggaran sebesar Rp 42,5 triliun. Penyaluran juga dilakukan oleh bank Himbara. Adapun BST menyasar 10 juta keluarga, masing-masing mendapatkan Rp 300 ribu selama 4 bulan dari bulan Januari hingga April. Bantuan disalurkan melalui PT Pos Indonesia, dengan total anggaran sebesar Rp12 triliun.

Sementara itu, usai menghadiri peluncuran bantuan tunai secara virtual, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran secara simbolis menyerahkan bantuan sosial tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat yang hadir di aula kantor Bupati Kobar. Bantuan tunai ini juga kata Gubernur untuk seluruh masyarakat Kalteng yang terdampak pandemi Covid-19.


“Mari gunakan bantuan tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat, jangan disia-siakan. Termasuk bantuan langsung tunai nanti dari provinsi,” ucap Gubernur Sugianto.

“Belilah sembako, jangan sampai beli minuman keras apalagi narkoba,” pesan Sugianto.

Turut hadir mendampingi Gubernur Kalteng, yakni Wakil Bupati Kobar Ahmadi Rianysah, Sekda Kobar Suyanto, Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng Rian Tangkudung dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kobar Ahmad Yadi serta Pimpinan Bank BRI, BNI, Mandiri dan BTN cabang Pangkalan Bun. (humas diskominfo kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook