Kelengkapan Sarpras SBSN Permudah MAN Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 25 Desember 2020 13:54, Dibaca 61 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Prestasi siswa bisa ditempa dengan belajar dan latihan. Namun, kelengkapan sarana prasarana adalah penunjang yang tidak dikesampingkan.

Hal ini dirasakan benar oleh siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya. Kepala MAN Kota Palangka Raya, Ahd. Fauzi mengatakan, keberadaan gedung asrama yang dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ikut berdampak pada meningkatnya prestasi siswa.

(Baca Juga : Infografik Akumulasi Kebakaran Hutan dan Lahan Prov. Kalteng)

"Asrama memudahkan proses pembinaan. Pembelajaran dan latihan bisa dilakukan secara lebih intensif dan optimal," ujarnya di Palangka Raya, Jumat (25/12/2020).


Salah satu buktinya, kata Fauzi, siswa MAN Kota Palangka Raya berhasil meraih medali pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Walaupun masih memperoleh perunggu atau juara 3, namun hal itu sangat membanggakan.

“Alhamdulillah MAN Kota berhasil menorehkan prestasinya di KSN tersebut," katanya.

Menurut Fauzi, KSN yang dulunya bernama OSN (Olimpiade Sains Nasional) adalah salah satu kejuaraan bergengsi di bidang sains yang digelar Kemendikbud. KSN tingkat nasional diikuti para siswa terbaik dari sekolah dan madrasah unggulan.

"MAN Kota Palangka Raya menjadi satu-satunya wakil Kalteng yang mendapat medali KSN," tuturnya.

Prestasi siswa MAN Kota Palangka Raya, kata Fauzi, juga ikut berhasil mengangkat peringkat Kalteng di ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat nasional. Atas sejumlah medali yang diraih, Kalteng yang awalnya bertengger di urutan 34, tahun 2020 naik di urutan 19.

"Salah satu penyumbang terbesarnya adalah MAN Kota Palangka Raya yang berhasil memperoleh 2 perunggu pada bidang Biologi terintegrasi dan Kimia terintegrasi," tuturnya.

"Bahkan kalau untuk KSM tingkat provinsi Kalteng, MAN Kota Palangka Raya hampir sapu bersih semua bidang yang dilombakan. Yaitu juara 1 Biologi, juara 1 Kimia, juara 1 Ekonomi, dan juara 1 Geografi,” sambungnya.

Fauzi menjelaskan, prestasi siswanya tidak diperoleh secara instan. Mereka tekun belajar dan berlatih, serta mengikuti setiap kompetisi. Di ajang KSN tingkat Kota Palangka Raya yang diselenggarakan Dinas Pendidikan misalnya, MAN Kota Palangka Raya berhasil memperoleh juara 1 bidang Ekonomi, Kebumian, Fisika, Biologi, Geografi, dan Matematika.

Di tingkat provinsi, siswa MAN Kota Palangka Raya juga berhasil meraih juara 1 Ekonomi atas nama Gayska Vetotama, juara 1 Kebumian atas nama Muhammad Syaiful Bahri. Sedangkan di tingkat nasional yang berhasil memperoleh perunggu atau juara 3 adalah Gayska Vetotama bidang Ekonomi.

"Tentu saja bangga. Kami berharap agar prestasi ini semakin memacu anak-anak untuk berprestasi," ucapnya.

Prestasi lain yang diperoleh di tahun 2020 ini antara lain juara 1 Duta Genre tingkat Kota Palangka Raya, juara 1 tingkat Kalteng atas nama Alwanda, serta sejumlah prestasi lainnya. (Asran/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook