Kemenag Kalteng Ajak Bersinergi Tangkal Hoax

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 23 Desember 2020 10:15, Dibaca 77 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah H. Surian Nor mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi menangkal penyebaran berita bohong atau hoax. Pasalnya, keberadaan hoax dirasa semakin meresahkan dan berpotensi menyebabkan perpecahan di masyarakat.

Hal itu dikatakan H. Surian Nor saat menjadi salah satu narasumber Seminar Kamtibmas yang diselenggarakan oleh Direktorat Intelkam Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Rabu (23/12/2020). Menurutnya, penyebaran hoax melalui media sosial maupun media komunikasi lainnya saat ini masih masif terjadi. Diperlukan langkah bersama agar penyebarannya bisa diminimalisir.

(Baca Juga : Dukung Ketahanan Pangan, Rutan Palangka Raya Siapkan Jagung dan Kangkung)

“Hoax itu berbahaya karena bisa dianggap sebagai kebenaran jika kita tidak bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Penyebaran hoax ditunjang oleh sejumlah hal. Salah satunya adalah kecenderungan bias konfirmasi atau keengganan untuk memastikan kebenaran atas informasi yang didapatnya.

“Seringkali informasi yang didapat itu langsung disebar tanpa dicek dulu benar atau tidaknya informasi tersebut. Ini menjadi salah satu penyebab hoax masih bertebaran dalam kehidupan kita,” imbuh H.Surian Nor.

Literasi digital harus diperkuat agar masyarakat memiliki kemampuan untuk memastikan apakah informasi yang didapatnya benar atau tidak. Selanjutnya adalah kemampuan menyaring informasi untuk disebarkan atau tidak.

“Karena jikapun sebuah informasi itu benar, kita juga harus memikirkan seperti apa dampaknya jika informasi tersebut disebarkan. Jika mudharatnya lebih besar, maka sebisa mungkin informasi itu berhenti di kita saja, tidak perlu diteruskan ke orang lain,” tegasnya.

Kementerian Agama sendiri sudah melakukan sejumlah hal agar hoax tidak semakin menyebar luas. Harapannya supaya Kalimantan Tengah tetap kondusif.

“Selama ini kami sudah melakukan beberapa langkah. Diantaranya melengkapi kemampuan penyuluh agama dengan konten digital sehingga bisa ikut meramaikan dunia maya, melakukan pengawasan internal, maupun memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang hoax yang disampaikan melalui kegiatan keagamaan,” beber H. Surian Nor. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook