Tugu Keserasian FKS Tampang Tumbang Anjir Diresmikan, Ini Pesan Bupati Gunung Mas

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 23 Desember 2020 09:59, Dibaca 109 kali.


MMCKalteng Kabupaten Gunung Mas – Tahun 2020, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dipilih untuk melaksanakan program Forum Keserasian Sosial (FKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Dana yang dikucurkan Rp 150 juta. Rincian, Rp 100 juta pembangunan fisik, dan sisa Rp 50 juta untuk kegiatan dialog tematik I dan II, serta operasional FKS.

Di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, ada tiga kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan, yakni pembangunan balai serba guna kantor kelurahan, pos pelayanan terpadu (Posyandu), dan tugu keserasian sosial. Pembangunannya pun sudah selesai dan diresmikan.

(Baca Juga : Bupati: 2019, Pemkab Akan Dorong Pembangunan dan Penambahan Tenaga Medis RSUD Sultan Imanuddin)

”Tugu Keserasian Sosial adalah simbol terwujudnya keserasian sosial. Seluruh sarana yang sudah dibangun harus digunakan sebaik mungkin,” ucap Bupati Gumas Jaya S Monong, yang diwakili oleh Asisten I Setda Lurand, di Kantor Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Selasa (22/12/2020).

Dia mengatakan, dengan sarana yang ada diharapkan dapat mengembangkan rasa keserasian sosial dalam rangka memelihara tali persaudaraan. Selain itu, juga diimbau kepada masyarakat agar menjaga dan memelihara sarana yang menjadi simbol keserasian sosial di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir.

”Kami berharap dukungan dari semua pihak atau lintas sektoral terkait, dalam pengembangan keserasian sosial untuk mewujudkan kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gumas Jhonson Ahmad mengakui, sangat menyambut baik terbentuknya Forum Keserasian Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, karena melalui forum ini semangat kebersamaan dan gotong royong di kelurahan akan kembali meningkat.

”Sekarang ini, semangat gotong royong dan kebersamaan sedikit menurun, ini yang harus dipupuk lagi. Kami pun mengajak seluruh masyarakat, agar terus memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan,” tuturnya.

Terpisah, Lurah yang juga selaku Ketua FKS Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Berjoaldi menuturkan, pihaknya menyelesaikan pembangunan fisik sejumlah bangunan itu hanya dalam beberapa bulan, yang pengerjaannya dimulai pada pertengahan Bulan Oktober.

”Kami bersyukur seluruh bangunan tersebut dapat diselesaikan, sehingga pada hari ini dapat diresmikan. Ini semua dapat selesai dengan baik, karena adanya dukungan seluruh pihak di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir,” terangnya.

Dalam proses pembangunannya, tambah dia, pembelian bahan menggunakan bantuan dari Kemensos RI, namun untuk pengerjaan dilakukan secara gotong royong. Itu yang membuat pengerjaan dapat berjalan baik. Bahkan, semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat kembali meningkat karena adanya program ini. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook