Ikan Lokal Pepuyu Harusnya Menjadi Komoditi Perikanan Budidaya Andalan Kalteng

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 17 Desember 2020 14:49, Dibaca 18 kali.


MMCKalteng – Pulang Pisau – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Darliansjah setelah giat restocking dan penebaran sejuta benih ikan pepuyu di Desa Belanti Siam Kabupaten Pulang Pisau, sekitar jam 13.30 wib, Kamis (17/12/2020), menyempatkan kunjungannya ke Instalasi Budidaya Ikan Lahan Gambut (IBILAGA) di Desa Garung Kabupaten Pulang Pisau. Saat kunjungan, H. Darliansjah disambut langsung oleh Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin (BPBAT).


Kunjungan Kadislutkan Prov. Kalteng ini ingin memastikan bahwa IBILAGA Desa Gerung akan mampu memproduksi benih ikan lokal, terutama papuyu untuk mendukung budidaya perikanan di kawasan food estate Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. “Produksi ikan lokal terutama ikan papuyu harus kita tingkatkan produksi dan produktivitasnya, ikan papuyu akan kita dorong menjadi komoditi ikan andalan Kalteng terutama di kawasan food estate,” tutur H. Darliansjah.

(Baca Juga : Safari Ramadan di Masjid Al Qurbah, Masyarakat Marikit Katingan Harapkan Pemprov Kalteng Bantu Pembangunan Infrastruktur Akses Jalan)


“Percepatan pembangunan sektor perikanan di Kalteng membutuhkan sinergitas yang cepat antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat serta pemangku kepentingan terkait, antara lain dalam pengembangan budidaya perikanan di kawasan food estate. Saya memberikan apresiasi kepada Jajaran Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin yang telah banyak membantu kolam bioflok kepada pembudidaya perikanan di Kalteng,” tambah Kadislutkan Prov. Kalteng.

Dalam kesempatan kunjungan di IBILAGA ini, H. Darliansjah mengecek secara langsung kondisi kolam bundar pembenihan pepuyu, kolam pendederan pepuyu, juga kolam pembesaran ikan pepuyu. Kadis Kelautan dan Perikanan Kalteng H. Darliansjah bersama Kepala BPBAT Mandiangin, Bapak Andi, berkomitmen akan menjadikan IBILAGA antara lain sebagai penyuplai benih ikan ke pembudidaya Kalteng, juga sebagai tempat belajar, magang bagi pelaku usaha perikanan dan mahasiswa Kalteng. (Adt/Foto:Lana)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook