Ketua TP-PKK Kalteng : Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama Perempuan Untuk Tidak Saling Menularkan Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 17 Desember 2020 09:44, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP-PKK Prov. Kalteng) menggelar Rapid Test Gratis bagi kaum perempuan, bertempat di Gedung PKK Prov. Kalteng, Kamis (17/12/2020). Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan momentum peringatan Hari Ibu ke-92 tahun 2020.

Pelaksanaan Rapid Test dilangsungkan di 2 tempat untuk rapid tes di Gedung TP-PKK Prov. Kalteng dan swab antigen di Gedung RMC, Jl. Sudirman Palangka Raya.

(Baca Juga : Sejarah Singkat Perjuangan Kapten Reinout Sylvanus)

Dalam keterangan persnya, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan momentum Peringatan Hari Ibu ke-92. Kegiatan ini juga merupakan instruksi dari Pusat yakni Ketua Umum TP-PKK Tri Tito Karnavian untuk menggelar Rapid Test  bagi kaum perempuan secara gratis sebagai upaya kita mendeteksi dini terhadap penularan Covid-19 dan juga kepedulian terhadap sesama kaum perempuan untuk tidak saling menularkan Covid-19.

“Bahwa kegiatan tersebut juga merupakan upaya Preventif untuk penularan Covid-19”, tutur Yulistra Ivo Sugianto Sabran.

Yulistra Ivo Sugianto Sabran juga menyampaikan TP-PKK dalam hal ini akan terus melakukan upaya-upaya untuk mendukung Pemerintah dalam upaya percepatan mengurangi angka kasus covid-19. Melalui Kader TP-PKK memberikan edukasi dan sosialisasi kepada Ibu-ibu.

“Ibu-ibu merupakan pondasi rumah tangga yang bisa memberikan nasehat. Kita memberikan sosialisasi dan penyuluhan melalui kader kita TP-PKK kepada ibu-ibu”, jelas Yulistra Ivo Sugianto Sabran.

Sasaran untuk pemeriksaan Rapid Test gratis kali ini adalah kaum perempuan baik remaja, dewasa, maupun lansia dengan jumlah target minimal 100 orang. Meskipun pelaksanaan kegiatan Rapid Test sasarannya dalam jumlah yang besar tetapi tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan mengatur jadwal peserta yang mengikuti rapid. Rapid Test gratis juga dilaksanakan dibeberapa Kabupaten/Kota di Prov. Kalteng.

"Sasaran kurang lebih 100 orang, dalam 1 hari kegiatan itu hanya untuk Provinsi saja,adapun Kabupaten dan Kota melaksanakan pada hari yang sama dengan sasaran minimal juga 100 orang peserta", imbuhnya.

Kegiatan ini selain dihadiri  Ketua TP-PKK Prov. Kalteng, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala BPSDM Prov. Kalteng Sri Widanarni, Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriaty, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy serta anggota dan pengurus TP-PKK Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook