TP-PKK Kalteng Gelar Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan

Kontribusi dari Widia Natalia, 17 Desember 2020 09:17, Dibaca 206 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP-PKK Prov. Kalteng) menggelar Rapid Test Gratis bagi kaum perempuan, bertempat di Gedung PKK Prov. Kalteng, Kamis (17/12/2020). Pelaksanaan Rapid Test dilangsungkan di 2 tempat untuk rapid tes di Gedung TP-PKK Prov. Kalteng  dan swab antigen di Gedung RMC, Jl. Sudirman Palangka Raya. 

Pelaksanaan Rapid Test Gratis dibuka secara langsung oleh  Yayu Indriaty dari Pokja 4 TP-PKK yang juga  Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya mewakili Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran.  Yayu Indriaty saat membacakan sambutan Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran menyampaikan acara ini dimaksudkan dalam rangka menindaklanjuti instruksi dari Ketua Umum TP-PKK Tri Tito Karnavian yang menginstruksikan semua TP-PKK secara berjenjang disemua Provinsi, Kabupaten/Kota melaksanakan Rapid Test yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ibu ke-92 pada tahun 2020.

(Baca Juga : Kalteng Hadiri Peringatan Bulan Pengurangan Bencana (PRB) di Sorong )

Yayu Indriaty mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya TP-PKK mendukung kegiatan yang dilaksanakan Provinsi dalam rangka memperkuat kegiatan surveilans 3T  Tracing, Testing, sekaligus edukasi juga kepada masyarakat bahwa TP-PKK dalam hal ini juga peduli pada kegiatan pengendalian Covid-19.

“Selama 10 Bulan menghadapi pandemi Covid-19, terjadi kenaikan kasus atau terjadi trend peningkatan kasus baru. Diketahui ada peningkatan di Bulan Juni, Agustus kemudian mereda dan Bulan September dan Oktober ini mulai naik lagi”, jelas Yayu Indriaty.

Disampaikan oleh Yayu Indriaty bahwa Kepala Dinas Kesehatan juga sempat membuka rumah isolasi untuk Provinsi yang menerima rujukan dari seluruh Kabupaten/Kota. Sasaran untuk pemeriksaan Rapid Test gratis kali ini adalah kaum perempuan baik remaja, dewasa, maupun lansia dengan jumlah target minimal 100 orang. Meskipun pelaksanaan kegiatan Rapid Test sasarannya dalam jumlah yang besar tetapi tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan mengatur jadwal peserta yang mengikuti rapid Test. 

“Hal ini juga dilaksanakan dibeberapa Kabupaten/Kota di Prov. Kalteng dengan sasaran minimal juga 100 orang peserta”, tambahnya.

Yayu Indriaty berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Turut hadir Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala BPSDM  Prov. Kalteng Sri Widanarni, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy serta anggota dan pengurus TP-PKK Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook