Wabup Mura Ingin Ada Tambahan Madrasah Negeri di Daerahnya

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 16 Desember 2020 08:00, Dibaca 135 kali.


MMCKalteng - Murung Raya - Wakil Bupati (Wabup) Murung Raya (Mura) Rejekinoor meminta Kementerian Agama RI memperbanyak madrasah negeri di kabupaten setempat. Caranya adalah dengan melakukan penegerian madrasah swasta yang ada di daerah yang berjuluk Bumi Tira Tangka Balang itu.

Rejekinoor ketika memberikan sambutan dalam silaturahmi bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid, Rabu (16/12/2020) di halaman MTsN 1 Mura di Puruk Cahu mengatakan, minat masyarakat Mura semakin meningkat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah. Hal itu membuat sejumlah madrasah negeri kewalahan dan menolak pendaftar siswa baru karena keterbatasan kapasitas.

(Baca Juga : MTs Annur Terima 128 Siswa Baru)

“Ini terjadi di Mura bahwa madrasah negeri di kabupaten kami harus menolak pendaftar siswa baru karena kapasitasnya terbatas,” ujarnya.

Untuk mengatasi hal itu, Rejekinoor melihat bahwa penegerian madrasah menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh. Dengan begitu, jumlah madrasah negeri akan semakin banyak sehingga daya tampungnya pun bisa meningkat.

Alih status madrasah swasta menjadi madrasah negeri pun diyakini akan membuat kualitas madrasah bisa meningkat. Hal itu sejalan dengan upaya pemerintah daerah setempat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Saya berharap melalui Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah, kiranya usul penegerian madrasah swasta di Murung Raya bisa diajukan. Ini demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah,” beber Rejekinoor.

Terkait dukungan pemerintah daerah terhadap keberadaan pendidikan agama dan keagamaan, Rejekinoor menjelaskan, sejumlah bantuan telah diberikan kepada lembaga pendidikan agama dan keagamaan. Beberapa madrasah negeri pun menerima bantuan dari Pemkab Mura.

“Pemerintah kabupaten tetap berkomitmen untuk membantu madrasah, karena sama-sama mendidik generasi Murung Raya,” kata Wabup Rejekinoor. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook