Penguatan Pembina Kader Kesehatan, Guru PAUD/TK/RS Tentang Buku KIA dan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Tk. Prov.Kalteng Tahun 2020

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 04 Desember 2020 14:09, Dibaca 152 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Masa balita (di bawah lima tahun, 0-59 bulan) dan prasekolah (60-83 bulan) merupakan masa yang rentan sekaligus masa emas dalam menentukan kelangsungan dan kualitas hidup anak di kemudian hari. Masa ini merupakan masa yang kompleks dengan aspek kesehatan yang sangat dipengaruhi oleh aspek kehidupan lainnya. Indonesia secara aktif mengikuti dan menindaklanjuti. 


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. Fery Iriawan, MPH menambahkan, Kesepakatan di tingkat global, termasuk yang berkaitan dengan kesehatan balita dan anak prasekolah. Diantara kesepakatan tersebut adalah upaya untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) 2016-2030.

(Baca Juga : Rakoornas Penanganan Prostitusi dan Suporting Penutupan Lokalisasi)


Selain itu, Global Strategy for Women’s and Children’s Health yang dicanangkan pertama kali oleh Sekjen PBB pada tahun 2010 juga diperbarui untuk kurun waktu 2015-2030, menjadi Global Strategy for Women’s, Children’s and Adolescents’ Health. Strategi global ini bertujuan memberikan acuan tentang pelaksanaan SDGs untuk kesehatan ibu, neonatal, anak dan remaja.

Salah satu targetnya adalah diakhirinya kematian balita yang dapat dicegah, dengan angka kematian neonatal di bawah 12 dan angka kematian balita di bawah 25 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2030. Pelayanan kesehatan balita dan anak prasekolah dalam upaya untuk meningkatkan kelangsungan hidup, derajat kesehatan dan kualitas hidup balita dan anak prasekolah dalam konteks pemenuhan hak-hak dasar anak. Upaya ini termasuk dalam prioritas nasional untuk mendukung pencapaian indikator RPJMN 2020-2024, Dinas Kesehatan telah melaksanakan kegiatan Penguatan Pembina Kader Kesehatan, Guru Paud/ Tk/ Rs Tentang Buku KIA Dan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Tk. Prov.Kalteng Tahun 2020 di Hotel Neo Palangka Raya, Kamis (3/12/2020).

Mengingat masih banyak permasalahan pada anak usia dini, kolaborasi lintas sektor baik di tingkat pusat dan daerah diharapkan mempunyai daya ungkit tinggi terhadap pengembangan anak usia dini holistik integratif.

Dalam melaksanakan pemantauan tumbuh kembang anak pada masa adaptasi kebiasaan baru, diperlukan keterampilan orang tua untuk memantau di rumah. Sehubungan hal tersebut maka perlu diadakannya kegiatan ini untuk selanjutnya dapat mendampingi orang tua dalam melakukan pemantauan tumbuh kembang di rumah. Pengelola program kesehatan balita dan anak prasekolah di puskesmas diharapkan ikut mendampingi tenaga pendidik dalam mendampingi keluarga anak pra sekola  dalam pemantauan tumbuh kembang.

"Saya menyambut baik diadakannya kegiatan Penguatan Pembina Kader Kesehatan, Guru PAUD/ TK/ RS tentang Buku KIA dan Stimulasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) yang nantinya diharapkan setelah kegiatan ini dapat berkolaborasi untuk melakukan pendampingan kepada orang tua dalam pemantauan tumbuh kembang di rumah." ucapnya. (Bidang Kesmas)

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook