Dislutkan Kalteng Berikan Bantuan Benih Patin dan Pakan Ikan Kepada Pelaku Usaha Perikanan di Kabupaten Pulang Pisau

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 03 Desember 2020 16:09, Dibaca 305 kali.


MMCKalteng – Pulang Pisau – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah terus berkiprah melakukan berbagai upaya percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan dengan berbagai program strategis antara lain yaitu Asuransi Nelayan Berkah, Pemberdayaan Perikanan Budidaya di kawasan Food Estate, penataan kampung nelayan dan memberikan bantuan sarana/prasarana perikanan. Program Bantuan Benih Ikan dan Pakan dilaksanakan sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat akibat terdampak dari pandemi Covid-19. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah telah memberikan bantuan benih ikan patin dan pakan ikan kepada kelompok kahijei Atei, kelompok Himbing Lenge,  Kelompok Kaharap Palampung Sewut dan Pondok Pesantren Al-Falah Mukminin yang berkedudukan di Kabupaten Pulang Pisau.

Bantuan berupa 75.000 Ekor Benih Ikan Patin serta pakan benih sebanyak 160 Kg dan pakan induk sebanyak 1020 Kg diserahkan kepada 4 kelompok masyarakat dengan disaksikan oleh para pengurus dan anggota-anggotanya pada Kamis (3/12/2020). Acara penyerahan dilaksanakan untuk Pokdakan Kahinjei Atei, Desa Bukit Rawi Kecamatan Kahayan Tengah;  Pokdakan Himbing Lenge, Desa Pamarunan Kecamatan Kahayan Tengah; Pokdakan Kaharap Palampung  Sewut, Desa Tahawa, Kecamatan Kahayan Tengah dan Pondok Pesantren Al-Falah Mukminin, Desa Tangkahen, Kecamatan Kahayan Tengah yang ke semuanya berada di Kabupaten Pulang Pisau.

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Evaluasi Penanganan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 )


Pada saat penyerahan bantuan benih ikan patin dan pakan ikan kepada kelompok masyarakat, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah Ir. H. Darliansjah, M.Si menyampaikan bahwa dengan bantuan yang diberikan diharapkan dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan semangat dan etos kerja yang tinggi untuk mengembangkan dan mengelola usaha budidaya dengan sebaik mungkin dengan semangat kewirausahaan. Diharapkan juga dapat meningkatkan kompetensi SDM perikanan budidaya sehingga bantuan tersebut dapat memberikan manfaat kepada anggota dan masyarakat di sekitarnya, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya dan juga kepada para pelaku usaha perikanan umumnya.


Warga Kelompok penerima bantuan antara lain M. Affan Ghaffar, Ketua Pondok Pesantren (Pontren) Al-Falah Mukminin, Desa Tangkahen, Kabupaten Pulang Pisau. Ia menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang sangat memperhatikan masyarakat terlebih dalam kesulitan menghadapi pandemi Covid-19. Tidak sampai disitu, warga kelompok penerima bantuan masih mengharapkan pembinaan dan bimbingan teknis dari dinas terkait bagaimana cara budidaya ikan yang baik, sehingga dapat menumbuh kembangkan usaha dan keterampilan para pelaku usaha. (Adt/Foto: Ulfi)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook