Pengeluaran Baran Pemenang Lelang

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 02 Desember 2020 14:17, Dibaca 188 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (RUPBASAN) Kelas I Palangka Raya kembali mengeluarkan Barang Rampasan (BARAN) berupa 2 unit dump truck dengan Nomor Polisi KH 9196 FD dan  AG 8475 UL, melalui Kasubsi Barang Bukti Kejaksaan Negeri Palangka Raya Endri Akbar beserta pemenang lelang, Rabu (2/12/2020). 2 (dua) unit dump truck tersebut sebelumnya merupakan barang bukti dalam perkara Tindak Pidana Minyak dan Gas Bumi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat (1)  huruf (b) jo Pasal 12 Huruf e Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kerusakan Hutan.


Pengeluaran dilaksanakan karena barang bukti tersebut telah memperoleh kekuatan hukum tetap (in kracht) dirampas oleh Negara untuk diambil tindakan lelang, sesuai dengan Putusan Pengadilan Negeri Palangka Raya. Sslain itu juga menindaklanjuti surat Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya Nomor B - 8470/O.2.10/Kpa.5/12/2020  tanggal 01 Desember 2020 Perihal permohonan pengeluaran Barang Rampasan dan Kutipan Risalah Lelang yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah KPKNL Palangka Raya dengan Nomor 241/56/2020, tanggal 18 November 2020.

(Baca Juga : Kemenag dan Kemenlu Bakal Bersinergi Kenalkan Moderasi Beragama)


Petugas Sub Seksi Administrasi dan Pemeliharaan melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi. Selanjutnya berkas permohonan tersebut dibuatkan Berita Acara Pengeluaran, ditandatangani oleh Kepala Sub Seksi Administrasi dan Pemeliharaan Genny Marco selaku Pihak yang menyerahkan dan juga Kejaksaan Negeri Palangka Raya Endri Akbar selaku Pihak Penerima, bersama saksi dari kedua belah pihak dan diketahui Kepala Rupbasan Kelas I Palangka Raya Rita Ribawati.

Dalam kesempatan ini Rupbasan mengawal seluruh proses pengeluaran Basan dari awal sampai akhir. Hal itu dilakukan sebagai bentuk layanan terhadap masyarakat dan stakeholder sebagai pihak penitip. (Red-dok, Humas Kalteng, Desember 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook