Kalapas Tutup Pelatihan Kemandirian, WBP Tunjukkan Hasilnya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 26 November 2020 16:51, Dibaca 88 kali.


MMCKalteng - Barito Utara - Tepat 15 hari melaksanakan kegiatan pelatihan pembinaan kemandirian Las Listrik, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Teweh Sarwito secara resmi menutup dan memberikan sertifikat pelatihan secara simbolis kepada Warga Binaannya, Kamis (26/11/2020). Bertempat di aula serbaguna Lapas Muara Teweh, kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai dihadiri oleh Pejabat Struktural, JFU, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Instruktur serta warga binaan (peserta pelatihan).

Dalam laporannya Kepala Seksi Pembinaan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Kasi. Binadikgiatja), Juhan Wahyudi selaku ketua panitia pelaksana melaporkan bahwa pelatihan las listrik ini diikuti oleh 20 orang warga binaan laki-laki dengan lama pelaksanaan 15 hari kerja terdiri dari teori dan praktik, yang dilatih oleh instruktur berkompeten yang disediakan oleh CV. Ishak Mandiri. Para peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti pelatihan tersebut, dan Alhamdulillah serangkaian kegiatan pelatihan berjalan lancar dan tertib serta hasil dari pelatihan tersebut memuaskan.

(Baca Juga : Lapas Sukamara Ikuti Kegiatan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2021)

"Pada pelaksanaannya peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan hari ini mereka akan menampilkan hasil karya dari pelatihan yang mereka ikuti," ungkapnya.


Sarwito, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini, sehingga berjalan lancar meskipun dengan segala keterbatasannya. Pemberian pelatihan keterampilan bersertifikat ini diharapkan bisa menjadi bekal yang bermanfaat untuk para Warga Binaan Lapas Muara Teweh pada saat sudah selesai menjalani masa pidana nanti.

"Dari pelatihan ini yang utama bukanlah sertifikat yang kalian (WBP) peroleh, akan tetapi kesempatan dan ilmu itu yang terpenting," tuturnya.

Sarwito juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 ini Lapas Muara Teweh telah menyelenggarakan pelatihan pembinaan kemandirian bersertifikat sebanyak empat kali.

"Semua pelatihan yang kami berikan kepada warga binaan ini bekerja sama dengan pihak ketiga selaku pelaksana. Sudah 80 warga binaan yang kami berikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut, di tahun 2021 nanti akan ada banyak lagi paket pelatihan yang menarik yang akan kami berikan bagi warga binaan," janjinya.


"Melalui pelatihan seperti ini harapannya para WBP Lapas Muara Teweh dapat mengembangkan keterampilannya dan mampu mendorong mereka untuk menjadi seorang Entrepreuneur serta dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya,” tutup Sarwito.

Asen, salah satu warga binaan yang mengikuti pelatihan sangat berterima kasih kepada Lapas Muara Teweh yang memberikannya kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan instruktur yang memberikan ilmunya.

"Terima kasih kepada semua pihak penyelenggara, ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kami para warga binaan dalam menambah ilmu dan keterampilan selama di dalam Lapas. Pada pelatihan Las Listrik ini kami (WBP) yang terdiri dari tiga kelompok semuanya berhasil membuat rak bunga dengan berbagai model, kami sangat bangga dengan hasilnya meskipun dengan segala keterbatasannya," ungkapnya. (Red-dok, Humas Kalteng, November 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook