Peringati Hari Ikan Nasional Kalteng, Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng Berikan Bantuan Benih Ikan dan Pakan Ikan Kepada Kelompok Masyarakat

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 24 November 2020 12:13, Dibaca 364 kali.


MMCKalteng – Kapuas– Ketahanan pangan nasional serta pemenuhan gizi masyarakat terutama protein telah menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan, salah satunya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Dengan konsumsi protein yang cukup, masyarakat Kalteng diharapkan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, dapat menurunkan kasus stunting, disamping itu juga makan ikan mampu meningkatkan imun di tengah pandemi covid-19.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah menilai, hari ikan Nasional ke-7 tahun 2020, yang diperingati pada tanggal 21 November 2020 dan puncaknya tanggal 26 November 2020 menjadi momentum penting untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat dan melakukan percepatan pemberdayaan pelaku usaha perikanan sehingga lebih sejahtera.

(Baca Juga : Bantuan Pemprov Kalteng Diterima Pemprov Kalsel)

"Sesuai dgn Tema Hari Ikan Nasional Tahun 2020 ini: Makan Ikan, Tingkatkan Imun, Lawan Covid 19 dan Stunting, maka dari itu kami Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng beserta jajaran dan Dinas Perikanan se-Kalteng secara terus menerus dan tidak pernah surut mengajak masyarakat untuk gemar dan meningkatkan konsumsi ikan, mendorong tumbuh dan berkembangnya wirausaha perikanan di Kalteng," tandas H. Darliansjah dalam keterangannya.

"Untuk memeriahkan Hari Ikan Nasional Tahun 2020 ini, Pemprov Kalteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng telah melaksanakan rangkaian kegiatan antara lain: Bimtek Gemarikan, Bimtek Budidaya Ikan di Kawasan Food Estate juga memberikan bantuan benih ikan dan pakan ikan untuk kelompok masyarakat dan pondok pesantren, serta Gereja, pada tanggal 20 November 2020 kami telah menyerahkan bantuan benih ikan dan pakan ikan di Palangka Raya kepada 5 kelompok masyarakat baik pondok pesantren, gereja dan kelompok pemuda," tambah H. Darliansjah.


Dijelaskan juga oleh Kadislutkan, hari ini Selasa (24/11/2020) telah menyerahkan bantuan benih ikan sebanyak 150.000 ribu ekor dan pakan ikan sebanyak 2.320 kg kepada 10 kelompok masyarakat di Kapuas yaitu kelompok budidaya perikanan (Bersama Kita Maju, Bina Bersama, Mina Amanah, Karya Makmur dan Bersama), Pondok Pesantren (Al Amin, Al Muhajirin Antang, Bifahmil Anbiya, Darul Hikmah Darussalam dan Nurul Iman). "Saya berharap bantuan benih ikan dan pakan ikan ini menjadi penyemangat dan motivasi masyarakat, pelaku usaha perikanan untuk terus meningkatkan usaha budidaya perikanan dengan semangat kewirausahaan,” pungkas H. Darliansjah.

Ustad Hassanudin Ketua Pondok Pesantren Al Muhajirin Antang Kapuas menyampaikan rasa terharu dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian, pembinaan, bantuan dan dukungan penuh Pemprov Kalteng antara lain melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng. Ustad Hassanudin berjanji akan mengelola dan memanfaatkan bantuan benih ikan dan pakan ikan seoptimal mungkin, dengan harapan bisa menjadikan santri sebagai agen penumbuhan wirausaha baru perikanan.


Yang tidak kalah menarik Dislutkan juga mengikuti secara aktif Puncak Hari Ikan Nasional ke-7 pada tanggal 26 November 2020 antara lain : giat Pameran Produk UMKM Perikanan secara Virtual, Makan  ikan bersama di 34 titik Provinsi secara serentak, juga giat Masak Ikan bersama Menteri Kelautan dan Perikanan. (Adt/ Foto: Ulfi)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook