Sosialisasi Diversifikasi Pangan lokal Non Beras Tahun 2020

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 18 November 2020 09:00, Dibaca 317 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka kampanye Diverisifikasi Pangan Lokal, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Diversifikasi Pangan lokal Non Beras Tahun 2020. Acara ini dilaksanakan di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah dengan peserta berasal dari TP PKK Provinsi dan kelompok tani P2L (pekarangan pangan lestari) Kota Palangka Raya, Rabu (18/11/2020). Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy hadir mewakili Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri untuk membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Dalam rangka mendukung program Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Tahun 2020 yang telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada pertengahan Agustus lalu, penyelenggaraan kegiatan sosialisasi ini sekaligus mengkampanyekan dan menggelorakan “Kenyang Tidak Harus Nasi”. Pandemi Covid-19 saat ini dapat menimbulkan sejumlah dampak negatif bagi sektor ketahanan pangan. Dalam upaya mewujudkan pemantapan ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 terdapat beberapa tantangan. Tantangan tersebut seperti:

(Baca Juga : Relawan TSAK Bukit Tunggal Disiplin Prokes)

1. Terjadinya perubahan perilaku dan budaya mengikuti protokol kesehatan

2. Terjadinya penurunan daya beli masyarakat

3. Menurunnya pertumbuhan ekonomi

4. Belum meratanya masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang memenuhi kaidah B2SA (beragam, bergizi seimbang dan aman) masih tinggi konsumsi karbohidrat pada beras

5. Pemanfaatan lahan terlantar masih belum optimal


Untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, diversifikasi pangan lokal non beras dapat menjadi salah satu solusi penting untuk terus menjaga dan bahkan memantapkan ketahanan pangan di masa pandemi ini.  Sekda Fahrizal Fitri berharap bahwa kegiatan sosialisasi ini dapat menggencarkan program diversifikasi pangan lokal non beras kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai salah satu kegiatan penguatan pangan lokal. Peserta Sosialisasi Diversifikasi Pangan lokal non beras ini diharapkan dapat menggelorakan Diversifikasi pangan lokal sampai ke tingkat rumah tangga dan juga sebagai ketahanan pangan keluarga.

Menurut Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suriani, melalui Sosialisasi Diversifikasi Pangan lokal non beras ini diharapkan dapat menurunkan ketergantungan akan konsumsi beras pada masyarakat, dan meningkatkan konsumsi pangan lokal non beras seperti ubi kayu/singkong, talas atau sumber karbohidrat lainnya.


Tujuan sosialisasi Diversifikasi pangan Lokal ini yaitu:

1. Meningkatnya pengetahuan masyarakat (kelompok wanita tani) dan ASN mengenai pangan lokal sumber karbohidrat non beras

2. Meningkatkan konsumsi pangan lokal sumber karbohidrat non beras

3. Meningkatkan UMKM pangan lokal

Dengan kegiatan Sosialisasi ini diharapkan menumbuhkan UMKM pangan lokal sebagai penyedia pangan lokal non beras yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng juga mendorong bertambahnya kreasi produk pangan lokal non beras agar dapat menarik dan dinikmati oleh generasi  millenial. (Rudi H)

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook