Sekda Kalteng Membuka Sekaligus Pimpin Rapat Kerja Komwil Forsesdasi

Kontribusi dari Widia Natalia, 20 November 2020 11:51, Dibaca 79 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri selaku Pengawas Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Komwil Forsesdasi) membuka sekaligus Pimpin Rapat Kerja Komwil Forsesdasi Prov. Kalteng Tahun 2020, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (19/11/2020). Raker Komwil Forsesdasi ini digelar sebagai wadah untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar para Sekretaris Daerah di Kalteng.

Dalam Sambutannya, Ketua Komwil Forsesdasi Kalteng Yansiterson yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas menyampaikan bahwa Rapat kerja ini menjadi wadah partisipasi guna merumuskan berbagai kebijakan Nasional terkait dengan Pemerintahan Daerah sekaligus memberikan ide dan solusi dalam pelayanan pada masyarakat di Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Wagub Kalteng Tinjau Pembangunan Kawasan Shrimp Estate di Desa Sei Pasir Kabupaten Sukamara)

Sementara, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri menerangkan Posisi Forum Sekretaris Daerah yang sangat strategis menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang tugas dan fungsinya membantu Kepala Daerah dalam merumuskan kebijakan, koordinasi, pelaksanaan tugas serta pelayanan administrasi. Peranan Sekretaris Daerah sebagai pembina kepegawaian Daerah akan dikelola menjadi aset Nasional sehingga profesionalisme dan integritasnya menjadi persyaratan yang mutlak.

Pengawas Komwil Forsesdasi Prov. Kalteng juga menekankan agar forum ini  jangan menjadi organisasi yang ikut berpolitik, atau menjadi organisasi yang eksklusif serta tidak menjadi beban bagi Pemerintah Daerah, tetapi menjadi organisasi yang mempunyai manfaat positif untuk kepentingan Daerah, kepentingan Bangsa dan Negara. Fahrizal Fitri mengajak seluruh Sekretaris Daerah se-Kalteng sebagai motor penggerak Aparatur Sipil Negara di wilayahnya masing-masing guna meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, membina rasa kebersamaan dalam menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban masyarakat yang kondusif dan harmonis.

“Bersama-sama menciptakan suasana hidup di lingkungan yang bersih dan sehat dan memastikan bahwa masyarakat tidak melukan kegiatan melanggar huku”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri berharap forum ini dapat menginventarisir permasalahan, peraturan maupun penerapannya di daerah, agar dapat menghasilkan suatu rekomendasi kepada Pemerintah Pusat untuk ditindaklanjuti dengan melakukan revisi terhadap ketentuan Perundang-undangan terkait Pemerintahan Daerah. Menurut Fahrizal Fitri, isu-isu strategis lainnya yang perlu turut dibahas dalam forum tersebut antara lain penyederhanaan birokrasi dalam rangka pelayanan publik, evaluasi kelembagaan, peran daerah dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada saat pandemi hingga ke tingkat kecamatan, desa, kelurahan, proses penganggaran dan seputar tata batas.

Turut hadir dalam raker tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng, Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Kalteng Agus Reskinof dan para Kepala Bagian Organisasi Kab/Kota se-Kalteng.(Sumber : Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook