Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng Hadiri Konsultasi Publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup Rencana Pembangunan Food Estate di Prov. Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 November 2020 14:21, Dibaca 1,323 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Hamka mewakili Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri menghadiri Konsultasi Publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) Rencana Pembangunan Food Estate di Provinsi (Prov) Kalteng yang dilaksanakan secara tatap muka dan daring, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (13/11/2020). Kegiatan tersebut diselenggarakan guna menindaklanjuti Surat Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Direktorat Jenderal Sumber Daya  Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tanggal 9 November 2020 lalu.

Kegiatan hari ini diprakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV sebagai langkah awal pelibatan masyarakat dalam penyusunan dokumen AMDAL kegiatan Food Estate, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang terakhir diubah melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Sebagaimana amanat dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, kegiatan ini membutuhkan sinergi dari beberapa Kementerian/Lembaga didalam pelaksanaanya baik Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi, serta peran Perangkat Daerah/ instansi Vertikal /lembaga di Prov . Kalteng, termasuk unsur TNI dan POLRI serta yang tidak kalah pentingnya adalah peran aktif masyarakat lokal dalam mensukseskan kebijakan yang diharapkan mampu meningkatkan martabat dan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

(Baca Juga : Menko Perekonomian Tinjau Kawasan Food Estate Desa Anjir Serapat, Kab. Kapuas)

Sambutan tertulis Sekretaris Daerah Prov . Kalteng Fahrizal Fitri selaku Ketua Komisi Penilai AMDAL Prov. Kalteng yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka menyampaikan Food Estate merupakan rencana pemerintah Pusat dan menjadi salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Tahun 2020 – 2024 dibawah kendali dan pengawasan langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menjadikan lahan eks-pengembangan lahan gambut (eks PLG) di Prov. Kalteng sebagai bagian rencana dari lokasi program pengembangan tanaman pangan untuk lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa. Program Food Estate di Kalteng diharapkan mampu menjadi Ketahanan Pangan Nasional.

Food Estate di Kalteng tidak hanya ditanami padi, jagung dan kedelai tetapi terbagi dalam beberapa klaster yang akan dikembangkan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, hortikultura dan peternakan modern terintegrasi. Lingkup kegiatan Food Estate mencakup areal seluas ±165.000 hektar yang berlokasi di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, Prov. Kalteng meliputi rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi rawa wilayah kerja blok A, B, C, dan D, serta didukung dengan kegiatan intensifikasi dan ektensifikasi lahan pertanian, pengembangan lahan perkebunan, pengembangan tambak, penyediaan sarana produksi pertanian, serta pembangunan infrastruktur jalan dan dermaga.

Hamka mengharapkan Peran masyarakat baik yang terdampak langsung, tokoh adat, serta pemerhati lingkungan yang ada di Prov. Kalteng  untuk dapat memberikan saran/masukan/pendapat/ tanggapan serta informasi terhadap gambaran permasalahan di lapangan baik ekonomi maupun lingkungan terkait rencana Food Estate.

“Sehingga nantinya dapat diambil keputusan guna merumuskan suatu kebijakan yang tepat dan konkret karena berlandaskan dengan fakta dan objektifitas (Evidence Based) dengan semangat pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau pada khususnya dan Prov. Kalteng pada umumnya”, pungkas Hamka.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda dan para tamu undangan lainnya.(WDY/Foto:Duan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook