Dapat Persetujuan Menteri KLHK, TNTP Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 06 Oktober 2020 20:16, Dibaca 37 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Dengan terbitnya Surat Edaran Direktur Jenderal KSDAE nomor : 117/KSDAE/PJLHK/KSA.3/8/2020 tanggal 31 Agustus 2020 tentang Reaktivitasi Kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam dan Suaka Margasatwa untuk Kunjungan Wisata Alam dalam kondisi transisi akhir Covid-19, TNTP sebagai salah satu destinasi wisata Alam di bawah Kementerian LHK akan menerima kunjungan wisatawan kembali. Berbagai persiapan untuk menyambut kembali wisatawan telah dilakukan oleh pihak Balai TNTP sebagai pengelola destinasi wisata tersebut.

Kebutuhan untuk memenuhi protokol kesehatan telah disediakan oleh mereka. Tim Verifikasi Destinasi wisata Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat juga telah menerbitkan Surat Keterangan Aman Covid-19 untuk destinasi wisata TNTP.

(Baca Juga : Satlantas Polres Pulang Pisau Kembali Sambangi Warga Kurang Mampu)

Kepala Dinas Pariwisata (Dispa) Kotawaringin Barat (Kobar), Wahyudi mengatakan pembukaan kembali kawasan TNTP untuk wisatawan telah dinantikan oleh berbagai pihak terutama para pelaku wisata yang terdampak langsung akibat ditutupnya TNTP. Wahyudi berharap para pelaku wisata akan segera bangkit kembali dan membawa dampak poistif bagi pemulihan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan TNTP.

"Walaupun kawasan TNTP yang bisa dikunjungi masih terbatas, tetapi dibukanya kembali destinasi alam ini membawa angin segar bagi pariwisata Kobar. Diharapkan destinasi wisata lain yang ada di Kobar juga akan dikunjungi oleh wisatawan luar Kobar terutama wisatawan mancanegara karena sebagian besar wisatawan TNTP berasal dari mancanegara," ujar Wahyudi.

Untuk menandai telah dibukanya kembali TNTP bagi wisatawan, pada Selasa (6/10/2020) diadakan Launching Reaktivasi Kawasan TNTP untuk kunjungan wisata alam oleh Bupati Kobar. Dalam sambutannya, Bupati Kobar Hj Nurhidayah berharap agar dengan dibukanya kembali kawasan TNTP untuk kunjungan wisatawan akan memberi dampak positif bagi upaya terwujudnya integrasi antar destinasi wisata di Kabupaten Kobar, sehingga keberadaan TNTP benar-benar membangkitkan pariwisata Kobar dan menjadi awal yang baik bagi upaya mendorong pemulihan ekonomi masyarakat.

Bupati juga mengimbau agar wisatawan tetap berwisata dengan bijak dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. "Semoga dengan dibukanya kembali kawasan wisata TNTP membangkitkan pariwisata Kotawaringin Barat," kata Nurhidayah. (dispar kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook