Plt Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi Center Of Excellent (CoE) Food Estate di Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 01 Oktober 2020 20:53, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Dalam rangka persiapan kunjungan penanaman perdana Presiden RI, Joko Widodo di lokasi Center Of Excellent (CoE) Food Estate Kalimantan Tengah yang diagendakan pada bulan Oktober 2020, Plt. Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya didampingi Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Herson B.Aden dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng yang terkait Program Food Estate melakukan peninjauan di lokasi CoE Food Estate, Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Habib Ismail Bin Yahya selaku Plt Gubernur Kalimantan Tengah, Rabu (30/9/2020) pagi.


"Center of Excellent di desa Belanti Siam merupakan model ideal Food Estate yang disesuaikan kondisi petani dan peluang industri dengan konsep korporasi berupa cluster 1.000 hektar. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dipimpin oleh Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya melihat langsung lokasi Center of Excellence (CoE) Food Estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Di lokasi ini pelaksanaan tanam perdana akan dimulai pada Musim Tanam Oktober-Maret (MT.2020/2021) diperkirakan pada awal bulan Oktober 2020,“ tutur Hj. Sunarti, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Kadis TPHP Prov. Kalteng Tinjau Lokasi Kegiatan Pra Lisensi Produksi Benih Padi Hibrida di Desa A-2 Dadahup Kapuas)


Kondisi saat ini lahan telah digenangi air dan siap ditanami padi, pH tanah rata -rata berkisar 4-5. Untuk mengatasi rendahnya pH tanah dibutuhkan pemberian kapur dolomit. Sedangkan untuk mengetahui perubahan pH air, indikator pH meter telah dipasang di dekat lokasi keramba ikan lele. Kondisi pH air terukur antara 3 – 3,5, tergantung perubahan air pasang surut. Sisi-sisi jalan telah ditanami pohon kelapa dan jeruk. Dibuat pula keramba ikan lele di samping lokasi pertanaman bersanding dengan tanaman bawang putih dan empon-empon. Kandang itik sedang dibangun di salah satu sudut lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden RI pada bulan Oktober 2020.

Plt.Gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan, "Agar semua pihak terkait Food Estate saling mendukung dan bekerja sama mengembangkan Center of Excellent (CoE) serta melibatkan perguruan tinggi dan lembaga litbang untuk kegiatan riset penelitian dan pendampingan pengembangan Food Estate. Program Food Estate ini bertujuan mensejahterakan petani dan meningkatkan stok cadangan pangan nasional,“ pesan Habib Ismail Bin Yahya sembari meninjau lokasi saung dan keramba budidaya lele di salah satu lokasi Food Estate Belanti Siam. (Ita -PMHP)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook