RSUD Kapuas Lakukan PKRS Tentang Penyakit Jantung Koroner

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 03 Oktober 2018 10:42, Dibaca 40 kali.


MMCKalteng - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas aktif lakukan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Rabu (04/10) pagi, bertempat di Ruang Tunggu Poli Klinik Rawat Jalan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Adapun yang menyampaikan penyuluhan pada kesempatan itu adalah dr. M. Noorahmansyah selaku Dokter Internsip terkait tentang Penyakit Jantung Koroner. Ia menerangkan penyakit jantung koroner terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen akibat tersumbatnya pembuluh darah. Penyumbatan terjadi karena adanya lemak yang tertimbun pada dinding arteri.

(Baca Juga : Bahas Rencana Pembangunan Museum, Pemkab Kobar Gelar FGD)

"Gejala Penyakit Jantung Koroner seperti nyeri dada di sebelah kiri menjalar ke leher, rahang, bahu, punggung kiri, dan lengan kiri, rasa sakit seperti ditindih, rasa panas, atau diremas, dicetuskan oleh aktivitas fisik, stress, atau emosi dan hilang dengan istirahat atau pemberian obat," jelasnya.

Rahman menerangkan, hal – hal yang memperbesar kemungkinan terkena jantung koroner antara lain, keturunan, faktor usia, gaya hidup, rokok, obesitas, alkohol, makanan berlemak, secara fisik tidak aktif, stress, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan asam urat.

Ia menjelaskan lebih lanjut, Penularan HIV lewat cairan darah, transfusi darah seperti pemakaian jarum suntik yang tidak steril dan dipakai bersama-sama, pemakaian alat tusuk yang menembus kulit (yang tidak steril dan dipakai bersama-sama), Penularan HIV melalui cairan kelamin seperti melalui hubungan seksual tanpa kondom, Vaginal Seks, Oral Seks, Anal Seks, Penularan melalui ibu yang HIV+ kepada anaknya.

"Pencegahan penyakit jantung koroner, dapat dilakukan dengan pengurangan faktor risiko seperti, berolahraga, berhenti merokok atau minum beralkohol, kurangi makanan berlemak (diet), hindari stress, penggunaan obat yang tepat, obat penurun kolesterol, obat anti hipertensi, obat diabetes, dan obat asam urat,"terangnya. (rsud/hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook