Rakor Lintas Sektoral Dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Prov. Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 24 Agustus 2020 10:31, Dibaca 428 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di wilayah Provinsi (Prov) Kalteng. Acara dilangsungkan di lobi Mapolda Kalteng, Senin (24/08/2020).

Rakor lintas sektoral ini memiliki makna kesiapan seluruh stakeholder baik kerjasama Pemerintah Daerah, TNI, Polda maupun masyarakat dalam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2020 dimana Kalteng akan lakukan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Timur. Rakor ini dilaksanakan dengan tujuan agar terciptanya Pilkada yang damai, aman, tertib dan lancar.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Rakor Persiapan Rangkaian Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 )


Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengharapkan Pilkada kali ini yang diadakan pada situasi bencana non alam masa pandemi Covid-19 agar tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap tahapannya.

"Kita tetap patuhi protokol kesehatan, jaga komitmen, dan netralitas," tegas orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini.

Dalam kesempatan tersebut, H. Sugianto Sabran juga mengajak seluruh elemen untuk menyukseskan Pilkada serentak 2020 dengan membangun komunikasi yang baik, untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dan tetap mengedepankan protokol kesehatan agar masyarakat tetap partisipatif dan merasa aman pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

"Tingkatkan dan mantapkan kemampuan taktis petugas pengamanan untuk atasi permasalahan yang timbul", tandas Gubernur.

Disampaikan juga oleh Gubernur bahwa Pemprov. Kalteng telah melakukan langkah-langkah dalam tahapan Pilkada diantaranya pertama, pada tanggal 8 Juli 2020 telah melakukan penyerahan dana berdasarkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) 100% kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan unsur pengamanan sebesar ± 390,8 Miliar. Hal ini dilakukan akibat terjadinya pandemi Covid-19 sehingga selanjutnya dilakukan penyesuaian/ penambahan anggaran dari dana APBD untuk pihak keamanan.

Kedua, Pemprov. Kalteng telah membentuk Desk Pilkada Provinsi dan Kabupaten/Kota serta menyediakan anggaran untuk operasional Desk secara proporsional. Ketiga, melaksanakan sosialisasi Pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara daring/online, sosialisasi secara langsung dan penyebaran leaflet, spanduk, baliho untuk dapat menjangkau daerah yang masuk blankspot area.

Keempat, melakukan refocusing anggaran semua kegiatan dalam rangka mengedepankan protokol kesehatan termasuk setiap tahapan p Pilkada. Kelima, berkoordinasi intensif dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menjamin ketahanan ekonomi Daerah tetap stabil pada saat pelaksanaan pilkada serentak Tahun 2020.

Keenam, selalu berkoordinasi dan melaksanakan monitoring ke setiap desk Pilkada Kab/Kota terkait kendala dan kesiapan yang dihadapi dalam pelaksanaan pilkada serentak Tahun 2020 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Ketujuh, telah menyiapkan aplikasi yang akan membantu/mendukung kelancaran dalam menghimpun data hasil Pilkada (Web dan Aplikasi Desk Pilkada).

Delapan, selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam upaya cipta kondisi aman, tertib dan kondusif bagi masyarakat. Sembilan, berupaya mengantisipasi penyebaran isu sara, hoax maupun ujaran kebencian melalui sosial media.

Terakhir, selalu berkoordinasi dengan membangun komunikasi yang efektif, memberdayakan secara optimal keberadaan forum-forum seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK), Forum Bela Negara (FBN), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat guna mensukseskan Pilkada Serentak 2020.

Turut hadir dalam Rakor diantaranya Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Ketua KPU Prov. Kalteng Harmain Ibrohim, Wakapolda Kalteng Brigjen Indro Wiyono, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Marang, Ketua Bawaslu yang diwakili Komisioner Bawaslu Kalteng Rusdianti serta Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng H. Darliansjah. (YDS/Foto:Doni)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook