Tim Patroli Udara Pantau Titik Hotspot dan Lakukan Water Boombing

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 21 Agustus 2020 21:26, Dibaca 163 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Meningkatnya titik hotspot yang terjadi pada Jumat (21/8/2020) terdeteksi di wilayah Kalimantan Tengah pukul 06.00 Wib terdapat 40 titik hotspot. Sumber (lapan.go.id) melalui satelit NOAA 20, Aqua & SNPP, dengan tingkat kepercayaan medium. Hotspot terpantau berada di Kabupaten Seruyan 12 HS, Kabupaten Kapuas 6 HS, Kabupaten Gunung Mas 5 HS, Kabupaten Barito Timur 5 HS, Kabupaten Lamandau 3 HS, Kotawaringin Barat 2 HS, Kotawaringin Timur 2 HS, Kabupaten Katingan 1 HS, Barito Utara 2 HS, Barito Selatan 1 HS dan Kabupaten Pulang Pisau 1 HS.

Gubernur  Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, melalui Plt. Kepala  Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana dan  Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah, sekaligus Wakil  Komandan Pos  Komando Satuan Tugas Penanganan  Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, H.Darliansjah menjelaskan, “Satgas Provinsi menyiapkan operasi dukungan udara di wilayah Kalimantan Tengah, dengan kekuatan saat ini, 1 unit heli patroli dan 5 unit heli Water Boombing di Bandara Tjilik Riwut. Sedangkan  2 Unit Heli Water Boombing di Bandara Iskandar Pangkalan Bun dan 2 Unit Heli Water Boombing di bandara H. Asan Sampit.  Untuk syarat pelaksanaan operasi water boombing yaitu adanya permohonan tim darat, berdasarkan data hotspot dengan tingkat confidence level ≥80%, berdasarkan laporan tim patroli udara, atau berdasarkan hasil dari rapat perencanaan,” jelasnya.

(Baca Juga : Dislutkan Kalteng Berikan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Bagi Pelaku Usaha Perikanan di Kawasan Food Estate)

Kepala Bidang Perencanaan Satgas PDB Karhutla Kibue menjelaskan, “Tim Posko Udara Satgas PDB Karhutla melakukan patroli udara ke wilayah bagian barat Kabupaten di Kalimantan Tengah dengan sorti pertama route Pky-Pelantaran-Tj Hara-Pangkalan Banteng-Pantai Lunci-Kumai-Pkn dan sorti kedua dengan route Pkn-Seruyan Hilir-Tj Rangas-Halimaung-Baamang-Hanaut-Mendawai-Tempelas-Pky,” ucapnya, kepada tim publikasi.


Melalui Kepala Bidang Operasi Alpius Patanan menjelaskan, “Dari patroli udara yang dilaksanakan pada sorti kedua tersebut ditemukan ada 2 titik firespot di Pematang Limau Kelurahan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan. Dengan ditemukannya titik firespot di Pematang Limau Kelurahan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan tersebut, Satgas PDB Provinsi memerintahkan Satgas Udara Kabupaten Kotawaringin Timur untuk melaksanakan water boombing di daerah tersebut,” jelasnya.

Sementara itu dari Bidang Operasi, Noor Aswad menambahkan pada Jum`at (21/8/2020). “Pesawat yang melaksanakan water boombing di Pematang Limau Kelurahan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan type MI-17. Di lokasi yang di water boombing api padam 100%, luas area diperkirakan ±6 ha,” tambahnya. (Pky.21/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook