Produk UMKM Binaan Disperindag Kalteng Turut Hiasi Kalteng Trade Expo 2018

Kontribusi dari Rikah Mustika, 01 Oktober 2018 16:58, Dibaca 774 kali.


MMCKalteng-Pameran Kalteng Trade Expo yang digelar di area Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya dihiasi oleh beberapa produk asli dari Kalimantan Tengah, salah satunya yaitu pot anggrek dari kayu ulin. Pot tersebut merupakan salah satu produk UMKM Binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi oleh pengunjung. Selain pot anggrek dari kayu ulin, juga ada produk kopi dan juga kerajinan rotan.

“Pot ulin ini dijual dengan harga kisaran 20 ribu hingga 250 ribu, tergantung dari ukurannya” ucap Siti Asyiah, salah satu pengrajin UMKM kepada Tim MMC, Senin (1/10).

(Baca Juga : Pemprov, TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal dan Serentak 5 Agustus 2021)

Ibu Siti mengatakan bahwa beliau sudah membuat pot tersebut selama 1 tahun dan proses pembuatannya tergantung dari model yang diinginkan oleh pembeli.

“Ada yang modelnya kecil, tapi susah bikinnya butuh waktu sampai 1-2 hari. Ada juga model yang sederhana bisa menghasilkan 3-4 biji dalam sehari” ungkapnya.

Beliau juga mengatakan ide membuat pot tersebut merupakan hasil dari inovasi sendiri. Anggrek adalah salah satu tanaman yang cukup mahal, namun pada umumnya hanya di tempatkan pada pot yang biasa saja, sehingga mengurangi kecantikan dari anggrek itu sendiri. Maka dari itu Ibu Siti beserta suami membuat pot ulin dengan berbagai macam bentuk, agar bisa menambah kesan kecantikan dari tanaman anggrek tersebut. (Rikah / Foto : Widia)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook