Sekda Kalteng Hadiri Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI

Kontribusi dari Widia Natalia, 17 Agustus 2020 13:30, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran  menghadiri Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (RI) secara virtual. Peresmian diikuti dari Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Senin (16/08/2020).

Peluncuran Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI. Mata Uang yang diluncurkan berbentuk uang kertas dengan nominal Rp. 75.000.

(Baca Juga : Raih Penghargaan Nasional, Pemprov Gelar Syukuran)

Acara peluncuran uang Rupiah Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Turut hadir dalam acara launching uang Rupiah diantaranya, Menteri Kabinet Indonesia Maju RI, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Agung Firman Sampurna, Ketua Mahkamah Konstitusi RI (MK) Anwar Usman, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel serta Gubernur se-Indonesia.

Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dengan tanda tangan secara virtual.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan mata uang Rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan Negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga Negara RI.

“Rupiah ditetapkan sebagai uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, tutur Menteri Keuangan.

Sri Mulyani Indrawati juga mengatakan pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI telah melalui perencanaan yang matang serta koordinasi yang baik antara berbagai pihak seperti BI, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial dan para ahli. Pengeluaran Uang Rupiah khusus ditujukan untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus yang dalam hal ini Peringatan Kemerdekaan RI yang ke-75 Tahun.

Sebanyak 75 Juta lembar uang yang diluncurkan dalam perayaan HUT ke-75 RI. Uang tersebut ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku Wakil Pemerintah dan Gubernur BI.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan Uang kertas Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dengan nominal Rp. 75.000 telah secara resmi dikeluarkan dan dianggap sah.

Diakhir rangkaian acara peresmian, dilakukan Penyerahan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI sebagai Token of Appreciation (ToA) secara simbolis kepada keluarga Proklamator yang diwakilkan oleh Guntur Soekarnoputra dan Mutia Farida Hatta secara virtual. Turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah Prov. Kalteng diantaranya, Kepala Badan Keuangan Daerah Prov. Kalteng Nuryakin, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Prov. Kalteng Said Salim.(WDY/ Foto:Aldo)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook