Gerakan / Kampanye Diversifikasi Pangan Tahun 2020

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 13 Agustus 2020 09:55, Dibaca 327 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rabu (12/8/2020) Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah serta TP PKK Kota Palangka Raya mengadakan pertemuan Gerakan/Kampanye Diversifikasi Pangan tahun 2020 bertempat di Kebun Buah Pak Slamet Riadi Jl. Pasir Panjang Maduhara Kota Palangka Raya. Dalam sambutannya Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Ketua Pokja III yakni drg.Yayu, SP.KGA mengatakan, “Untuk hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif, setiap individu harus mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang dari berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan sebagai sumber karbohidrat, protein serta vitamin dan mineral, karena tidak ada satupun bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Konsumsi pangan yang berkualitas sangat penting untuk menunjang  pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat, aktif, cerdas, dan produktif," ucapnya.

Kualitas konsumsi sangat dipengaruhi oleh keragaman jenis pangan yang dikonsumsi dalam jumlah cukup dan seimbang serta aman. Semakin beragam jenis pangan yang dikonsumsi, semakin mudah tubuh memperoleh berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.  Kenyataannya sampai saat ini, pola konsumsi pangan masyarakat masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Beras masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat, sementara konsumsi sumber karbohidrat lainnya yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Pola konsumsi pangan masyarakat saat ini yang belum beragam, bergizi seimbang dan aman, ditunjukkan dengan tingginya konsumsi karbohidrat khususnya beras dibandingkan dengan sumber pangan lainnya menyebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan beras.

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Seruyan Tahun 2020)


Provinsi Kalimantan Tengah merupakan daerah yang kaya akan sumber pangan lokal, namun sampai saat ini produk olahan pangan lokal masih belum dapat bersaing dengan olahan pangan berbasis terigu baik dari segi kualitas maupun harganya. Oleh karena itu perlu mengenalkan produk-produk pangan lokal pada masyarakat, dikembangkan industri pengolahan pangan yang berorientasi pada bisnis dengan berbasis pada potensi pangan lokal.

Menurut Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Dra. Lilis Suriani, MM.,MM.RS, Diversifikasi Pangan diselenggarakan untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan memperhatikan sumber daya, kelembagaan, dan budaya, serta kearifan lokal. Upaya yang dilakukan dalam penganekaragaman konsumsi pangan diantaranya dengan meningkatkan jenis dan aneka ragam pangan, mengembangkan teknologi pengolahan dan produk pangan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi aneka ragam pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Upaya Diversifikasi Pangan Lokal merupakan salah satu upaya pengenekaragaman pola konsumsi pangan pada masyarakat. Upaya ini dapat pula dijadikan salah satu momentum bagi Pemerintahan Daerah untuk menstimulasi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di perdesaan. Di samping itu, jika dilihat dari kepentingan kemandirian pangan maka penganekaragaman konsumsi pangan dapat mengurangi ketergantungan konsumen pada satu jenis pangan. Dengan demikian, penganekaragaman konsumsi pangan merupakan fondasi dari keberlanjutan ketahanan pangan dan memiliki dimensi pembangunan yang sangat luas, baik dari aspek sosial, ekonomi, politik maupun kelestarian lingkungan.

Pola konsumsi pangan masyarakat saat ini yang belum beragam, bergizi, seimbang dan aman, ditunjukkan dengan tingginya konsumsi karbohidrat khususnya beras dibandingkan dengan sumber pangan lainnya menyebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan beras. Selain itu, adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang mendorong konsumsi pangan yang bersifat praktis (instan) menjadi penyebab tingginya permintaan akan pangan yang sebagian besar berbahan baku terigu. Hal ini pada akhirnya menjadi permasalahan tersendiri dalam penyediaan pangan bagi masyarakat. Tujuan acara ini untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam seimbang dan aman, dengan memanfaatkan olahan pangan lokal karbohidrat non beras, serta mendorong cinta olahan pangan lokal yang bernilai komersial. Pada pertemuan ini secara simbolis diberi bantuan bibit tanaman Lombok, terong, tomat, Ubi cilembu, dan daun bawang. Serta dibagikan juga Umbi Ubi Ungu kepada perwakilan Ibu-Ibu PKK Kecamatan Sebangau Kota Pangka Raya. (Totok Prihananto/Foto: Rudi H)

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook