Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 35 Orang Dan Kasus Konfirmasi 30 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 08 Agustus 2020 15:30, Dibaca 38 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Sukamara dilaporkan menjadi satu-satunya wilayah zona hijau di Kalteng karena tidak ada kasus. 

Gubernur Kalteng juga terus mengingatkan kepada semua pihak agar bersikap waspada dan patuh terhadap protokol kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng Rita Juliawati, SKM, M.Si dalam press release yang digelar pada Sabtu (08/08/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 19 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 10 Orang )

Dalam keterangannya Rita Juliawati  meyampaikan bahwa semakin banyak pasien Covid-19 yang sembuh. Jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kalteng bertambah sebanyak 35 orang dibanding hari sebelumnya, dimana yang semula hanya berjumlah 1.379 orang menjadi 1.414 orang saat ini.

Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 30 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan.

Kasus konfirmasi baru dilaporkan turut mengalami peningkatan. Rita Juliawati menuturkan berdasarkan data sampai dengan hari ini kasus konfirmasi Covid-19 kembali bertambah sebanyak 30 orang, yaitu 5 orang tersebut merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 13 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat , 6 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. Kasus konfirmasi yang semula hanya berjumlah 1.962 orang menjadi 1.992 orang saat ini.

Dari 1.992 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 1.414 orang sudah dinyatakan sembuh, 96 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 482 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Jumlah pasien konfirmasi yang dalam perawatan, saat ini mengalami pengurangan sebanyak 58 orang, sehingga yang semula 487 orang menjadi 482 orang saat ini.

Rita Juliawati mengatakan, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 4,8 persen. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan tidak ada penambahan pada kasus meninggal dunia akibat-Covid-19 di Kalteng. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 masih sebanyak 96 orang saat ini.

Untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP saat ini dilaporkan mengalami peningkatan. Disampaikan oleh Rita Juliawati, untuk kasus suspek saat ini mengalami penambahan sebanyak 20 orang dalam 24 jam terakhir, sehingga dari semula berjumlah 277 orang, menjadi 297 orang saat ini.

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka Raya 93 orang, Kabupaten Kapuas 14 orang, Kabupaten Pulang Pisau 1 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 8 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 59 orang, Kabupaten Katingan 73 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 5 orang, Kabupaten Barito Utara 11 orang, Kabupaten Barito Timur 26 orang dan Kabupaten MurungRaya 1 orang.

Terakhir, Rita Juliawati  menyampaikan untuk kasus Probable mengalami penambahan sebanyak 2 orang, sehingga dari semula 29 orang menjadi 31 orang. Diketahui, 31 orang tersebut, masing-masing merupakan warga asal Kota Palangka Raya 12 orang, warga asal Kabupaten  Kapuas 5 orang, warga asal Kabupaten Katingan 8 orang, warga asal Kabupaten Pulang Pisau 1 orang, warga asal Kabupaten Barito Selatan 1 orang dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. (WDY/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook