Tim Karhutla Laksanakan Patroli Udara

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 06 Agustus 2020 13:33, Dibaca 507 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Sebagai bentuk keseriusan dukungan pemerintah pusat terhadap pemerintah Provinsi  Kalimantan Tengah dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan tahun 2020, pemerintah pusat melalui BNPB telah menyediakan Helikopter Water Boombing sebanyak 5 unit Type Kamov dan 1 unit Helikopter type AS350B3e digunakan Patroli. Keenam Helikopter tersebut pada saat ini sudah standby di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melalui Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah, sekaligus Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, H. Darliansjah mengatakan, “Keenam Helikopter tersebut digunakan untuk mendukung pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya.

(Baca Juga : Sebaran Titik Hotspot Kalteng Capai 813 Titik )


Pada Rabu (5/8/2020), atas ijin terbang melaksanakan patroli udara dari Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB), kepada Kepala Bidang Operasi Alpius Patanan, melalui Koordinator Satgas Pemadaman Darat Triwinbert Y. Embang yang mengikuti Patroli Udara menyampaikan,  “Tim Patroli Udara melaksanakan patroli udara pada hari ini dengan dua kali sorti, sorti pertama dengan route Central Kalimantan-Tempulang, Jenasmas South Barito-Tanjung Perawan-Sei Hembang, Sebangau Kuala-Paduran Sebangau-Mulyasari Pandih Batu Pulpis-Kalawa, Kahayan Hilir-Pulang Pisau-Paduran Sebangau. Dari dilaksanakannya patroli udara sorti pertama tersebut didapati hasil Nihil Hotspot,\\" jelasnya. 


Setelah mendapatkan informasi adanya titik firespot Kebakaran Hutan dan Lahan dari Tim Patroli Darat lalu Tim patroli udara pada sorti kedua langsung memantau dengan route Tanjung Taruna- Tumbang Nusa Kabupaten Pulang Pisau dengan hasil patroli adanya terpantau titik firespot. Jauhnya titik lokasi yang terbakar dan tidak adanya akses jalan darat untuk menuju  ke lokasi tersebut menjadi pertimbangan untuk dilaksanakannya pemadaman melalui udara dengan water boombing. Atas ijin Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) dilaksanakannya water boombing dan berhasil dipadamkan. (Pky.5/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook