Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 40 Orang Dan Kasus Konfirmasi 28 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 Juli 2020 15:50, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan bahwa sebanyak 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalteng sudah terdampak Covid-19. Kabar baik, saat ini Kabupaten Sukamara dilaporkan sudah menjadi zona hijau karena tidak ada kasus.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalteng juga terus menerus  mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kalteng agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Caroline Ivonne dalam press release yang digelar pada Kamis (30/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Gubernur Sampaikan Kalteng Sangat Pantas Menjadi Ibu Kota Negara)

Dalam keterangannya, dr. Caroline Ivonne mengatakan bahwa hari ini jumlah kesembuhan dalam sehari mencapai angka sebanyak 40 orang. Jumlah  pasien sembuh Covid-19 saat ini telah  mencapai 1.182 orang, setelah ada penambahan sebanyak 40 orang dalam 24 jam terakhir. Dari semula 1.142 orang menjadi 1.182 orang saat ini.

Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 14 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 18 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan 8 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

dr. Caroline Ivonne menuturkan, hal yang sama juga turut terjadi pada kasus konfirmasi. Dalam 24 jam terakhir, Kasus konfirmasi mengalami penambahan sebanyak 28 orang, yaitu 14 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 13 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya. Kasus konfirmasi yang semula hanya berjumlah 1.687 orang menjadi 1.715 orang saat ini.

Dari 1.715 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 1.182 orang sudah dinyatakan sembuh, 91 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 442 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Pasien konfirmasi yang dalam perawatan, mengalami pengurangan sebanyak 12 orang, sehingga yang semula 454 orang menjadi 442  orang saat ini.

Lebih lanjut dr. Caroline Ivonne menyampaikan, tingkat  kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,3 persen. Tidak ada penambahan pada kasus meninggal dunia akibat-Covid-19. Saat ini, jumlah pasien meninggal dunia akibat-Covid-19 tetap sebanyak 91 orang.

Untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP, dr. Caroline Ivonne mengatakan saat ini menjadi 353 orang. Ada penambahan sebanyak 15 orang dalam 24 jam terakhir, sehingga dari semula 338 orang menjadi 353 orang.

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka Raya 95 orang, Kabupaten Kapuas 17 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 5 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 133 orang, Kabupaten Seruyan 3 orang, Kabupaten Katingan 68 orang, Kabupaten Sukamara 1 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 12 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Barito Timur 5 orang, Kabupaten Murung Raya 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 3 orang.

Terakhir disampaikan oleh dr. Caroline Ivonne untuk kasus Probable saat ini dilaporkan ada penambahan sebanyak 1 orang, sehingga dari semula 14 orang menjadi 15 orang. Diketahui, 15 orang tersebut, masing-masing merupakan warga asal Kota Palangka Raya 4 orang, warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, warga asal Kabupaten Seruyan 8 orang, warga asal Kabupaten Gunung Mas 1  orang dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan. (WDY/Foto:Agung)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook