Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 6 Orang Dan Kasus Konfirmasi 24 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 28 Juli 2020 16:01, Dibaca 1,093 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kalteng agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran Pemerintah sehingga bisa terhindar dari resiko terpapar Covid-19. H. Sugianto Sabran juga menyampaikan bahwa Kabupaten Sukamara sudah menjadi zona hijau karena tidak ada kasus.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Astrid Teresa, Sp.KK dalam press release yang digelar pada Selasa (28/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Fokuskan Pembangunan Di Sektor Pendidikan)

Pasien sembuh dari Covid-19 kembali bertambah. Saat ini pasien sembuh Covid-19 telah mencapai 1.128 orang, setelah ada penambahan sebanyak 6 orang dalam 24 jam terakhir.

Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 4 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 4 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Hal yang sama juga terjadi pada kasus konfirmasi. dr. Astrid Teresa menyampaikan, kasus konfirmasi kembali mengalami penambahan sebanyak 24 orang dalam 24 jam terakhir, yaitu 12 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Seruyan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 5 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. Kasus konfirmasi yang semula hanya berjumlah 1.640 orang menjadi 1.664 orang saat ini.

Dari 1.664 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 1.128 orang sudah dinyatakan sembuh, 90 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 446 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Pasien konfirmasi yang dalam perawatan, mengalami penambahan sebanyak 17 orang, sehingga yang semula 429 orang menjadi 446  orang saat ini.

Untuk kasus meninggal dunia akibat Covid-19 juga mengalami hal sama. dr. Astrid Teresa menuturkan, tingkat  kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,4 persen. Dalam 24 jam terakhir, kembali ada penambahan sebanyak 1 orang pasien Covid-19 yang meninggal dunia sehingga pasien meninggal dunia akibat Covid-19 menjadi 90 orang saat ini. Diketahui, 1 orang yang baru dinyatakan meninggal yakni merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. 

Lebih lanjut dr. Astrid Teresa menyampaikan, untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP, saat ini tersisa 344 orang. Kembali ada pengurangan sebanyak 6 orang, sehingga dari semula 350 orang menjadi 344 orang.

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka Raya 86 orang, Kabupaten Kapuas 12 orang, Kabupaten Pulang Pisau 7 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 134 orang, Kabupaten Seruyan 3 orang, Kabupaten Katingan 75 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 12 orang, Kabupaten Barito Utara 4 orang, Kabupaten Murung Raya 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 2 orang.

Terakhir disampaikan oleh dr. Astrid Teresa untuk kasus Probable saat ini dilaporkan kembali mengalami penambahan.  Kasus Probable menjadi 14 orang saat ini. Ada penambahan sebanyak 3 orang dalam 24 jam terakhir. Diketahui, 14 orang tersebut, masing-masing merupakan warga asal Kota Palangka Raya 3 orang, warga asal Kabupaten Pulang Pisau 1 orang, warga asal Kabupaten Katingan 8 orang, warga asal Kabupaten Barito Selatan 1 orang dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. (WDY/Foto:Aldo)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook