Plt. Irjen Kementan Tinjau Dan Memantau Secara Langsung Lahan Tani Untuk Pengembangan Food Estate di Desa Tahai Baru Kab. Pulang Pisau

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 Juli 2020 17:50, Dibaca 156 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau – Plt. Irjen Kementerian Pertanian (Kementan) Sumarjo Gatot Irianto melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), tepatnya ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Kamis (25/07/2020). Kunker Plt. Irjen Kementan ke Kabupaten didampingi Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng Sunarti.


Tujuan kunker ini dimaksudkan untuk meninjau dan memantau langsung lahan Tani di Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau. Peninjauan yang dilakukan dalam rangka persiapan pembangunan dan pengembangan Food Estate.

(Baca Juga : Cigul JKT48: Tidak ada keberuntungan, keberuntungan adalah buah dari KERJA KERAS)

Pada kesempatan tersebut Plt. Irjen Kementan Sumarjo Gatot Irianto memberikan arahan untuk mengoptimalkan saluran Irigasi Persawahan di Area Food Estate. Dimana, hingga saat ini, lokasi pelaksanaan program ketahanan pangan Nasional yakni Food Estate masih terus dipersiapkan dan dimantapkan.

Food Estate ini akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Seperti yang telah disampaikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi lokasi Food Estate dan Padat Karya Tunai Irigasi pada eks lahan gambut di Desa Gadabung, Kecamatan Pendih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng pada tanggal 11 Juni 2020 mengatakan bahwa program Food estate merupakan arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk mempersiapkan Prov. Kalteng menjadi lumbung pangan, seperti di kutip dari Website setkab.go.id.(WDY/Foto:Fery)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook