Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 23 Orang Dan Kasus Konfirmasi 51 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 24 Juli 2020 16:22, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan kabar baik, hari ini jumlah kesembuhan dalam sehari mencapai angka sebanyak 23 orang, sehingga sampai dengan hari ini mencapai 1.055 orang. Dilaporkan juga, pada hari ini terkonfirmasi berada di angka tertinggi sebanyak 51 orang.

H. Sugianto Sabran juga menyampaikan, bahwa sebanyak 13 kabupaten dan 1 kota di Kalteng sudah terdampak Covid-19. Dari 13 kabupaten dan 1 kota, salah satunya Kabupaten Sukamara sudah menjadi zona hijau karena tidak ada kasus.

(Baca Juga : Masih Tinggi, Terkonfirmasi Capai 322 Kasus. Tetap Waspada dan Disiplin Prokes!)

Sementara, Kabupaten Seruyan dilaporkan juga sudah tidak ada kasus aktif tetapi karena belum mencapai 28 hari sehingga belum dikategorikan zona hijau. Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Caroline Ivonne dalam press release yang digelar pada Jumat (24/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Pasien sembuh Covid-19 di Kalteng terus bertambahn dalam jumlah banyak. Dalam keterangannya, dr. Caroline Ivonne mengatakan jumlah pasien sembuh dari Covid-19 mencapai 1.055 orang saat ini, setelah ada penambahan sebanyak 23 orang dalam 24 jam terakhir.

Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 5 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawarringin Barat, 5 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawarringin Timur, 5 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 3 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Kasus konfirmasi saat juga mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tanggal 23 Juli 2020. dr. Caroline Ivonne kembali menyampaikan, kasus konfirmasi mengalami penambahan sebanyak 51 orang dalam 24 jam terakhir, yaitu 22 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 14 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 7 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. Kasus konfirmasi yang semula hanya berjumlah 1.478 orang menjadi 1.529 orang saat ini.

Dari 1.529 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 1.055 orang sudah dinyatakan sembuh, 85 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 389 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Pasien konfirmasi yang dalam perawatan, mengalami penambahan sebanyak 27 orang, sehingga yang semula 362 orang menjadi 389 orang saat ini.

Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 saat ini dilaporkan mecapai 85 orang. dr. Caroline Ivonne menuturkan, tingkat  kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,6 persen. Dalam 24 jam terakhir, kembali ada penambahan sebanyak 1 orang pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Diketahui, 1 orang yang baru dinyatakan meninggal merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan.

Lebih lanjut  dr. Caroline Ivonne  menyampaikan, untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP, saat ini mecapai 460 orang. Ada penambahan sebanyak 9 orang, sehingga dari semula 451 orang menjadi 460 orang.

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka 84 orang, Kabupaten Kapuas 13 orang, Kabupaten Pulang Pisau 1 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 13 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 154 orang, Kabupaten Seruyan 3 orang, Kabupaten Katingan 137 orang, Kabupaten Lamandau 8 orang, Kabupaten Barito Selatan 30 orang, Kabupaten Barito Utara 12 orang, Kabupaten Murung Raya 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 4 orang.

Terakhir disampaikan oleh dr. Caroline Ivonne untuk kasus Probable saat ini dilaporkan masih berjumlah 2 orang. Diketahui, 2 orang tersebut merupakan warga asal Kota Palangka Raya 1 orang dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan. (WDY/Foto:Agung)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook