IHT Moda Daring dan Luring Awali PBM SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021

Kontribusi dari Rikah Mustika, 19 Juli 2020 13:49, Dibaca 914 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Mengawali kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) Tahun Pelajaran 2020/2021, SMA Negeri 1 Palangka Raya mengadakan In House Training (IHT) dengan moda daring dan luring. Moda daring digunakan pada saat penyampaian materi IHT secara umum kepada seluruh guru SMA Negeri 1 Palangka Raya. Sedangkan moda luring digunakan pada saat  kegiatan Musyawarah Guru  Mata Pelajaran (MGMP) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kebijakan ini dilakukan  mengingat kondisi saat ini masih masa pendemi covid-19 dan kota Palangka Raya masih dalam zona merah. Selanjutnya  Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya ini juga menyampaikan dengan adanya IHT ini para guru atau tenaga pendidik memahami segala kebijakan-kebijakan pemerintah dalam proses PBM pada masa pendemi covid 19. Selain itu para guru diharapkan memiliki kemampuan kreatif, inovatif dan komunikatif  dalam  merancang dan  melaksanakan pembelajaran daring. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin, di ruang kerjanya, Jumat (17/7/2020).

“Mengawali Tahun Pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 1 Palangka Raya melaksanakan  IHT dengan moda daring dan luring. Moda daring kita gunakan untuk penyampaian materi IHT secara umum dan pola luring digunakan pada kelompok MGMP. Kegiatan IHT ini adalah upaya sekolah untuk menyamakan persepsi para guru dalam kegiatan PBM pada masa pendemi covid-19. Guru-guru harus kreatif, inovatif dan komunikatif dalam kegiatan pembelajaran daring,” kata beliau.

(Baca Juga : Guru dan Siswa Mankoraya Dapat Penghargaan Dari Bupati Kukar)

Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya  juga menyampaikan, bahwa kegiatan IHT ini dilaksanakan pada tanggal 16-17 Juli 2020.  Narasumber pada kegiatan IHT adalah pengawas pembina SMA Negeri 1 Palangka Raya dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, yakni Bapak I Wayan Sarman, M. Pd. Narasumber lainnya yakni  wakil kepala sekolah  bidang kurikulum dan guru-guru yang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam bidang  IT.

Ketika disinggung kemungkinan ada siswa yang kurang mampu sehingga tidak bisa mengikuti pembelajaran daring  karena tidak memiliki HP android atau sejenisnya, kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya menjelaskan bahwa pihak sekolah akan mengupayakan peminjaman Tablet HP yang ada di sekolah asalkan orang tua/wali siswa melapor ke sekolah. Pihak sekolah akan meminjamkan tablet HP kepada peserta didik tersebut dengan persyaratan-persyaratan yang sudah ditetapkan. Anak-anak harus belajar karena mereka adalah generasi muda harapan bangsa Indonesia.


Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya,  ketua panitia sekaligus narasumber kegiatan IHT, Drs. Edral Gandi, M.M, menyampaikan bahwa kegiatan IHT ini memiliki peran strategis  untuk memberikan pembekalan bagi para guru SMA Negeri 1 Palangka Raya dalam menghadapi Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan pembelajaran daring. Materi IHT meliputi kebijakan-kebijakan pemerintah dalam pembelajaran selama pandemi covid-19, penyusunan perangkat pembelajaran dan juga cara penggunaan aplikasi pembelajaran.   Menurut beliau guru harus kreatif dan inovatif   menggunakan teknologi.   Jangan sampai pembelajaran yang dilakukan secara daring malah menjadi beban bagi para  guru dan peserta didik. Para guru diberikan kebebasan memilih dan menggunakan aplikasi sehingga kegiatan PBM jadi menyenangkan dan tujuan pembelajaran bisa tercapai.

“IHT  merupakan langkah awal memulai kegiatan PBM di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Semua guru wajib mengikutinya. Banyak hal yang dibahas dalam IHT ini. Jadi semua guru harus memahami tugas dan fungsinya dalam pembelajaran daring sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai,” imbuhnya.


Selanjutnya wakil kepala sekolah bidang kurikulum ini juga menyampaikan rasa gembiranya karena hampir 99% guru mengikuti kegiatan IHT ini. Kalaupun ada yang tidak ikut karena guru yang bersangkutan masih dalam keadaan sakit.

Berikutnya  Edra Gandi juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan IHT moda luring dalam kelompok MGMP di SMA Negeri 1 Palangkaraya pihak menejemen sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua petugas sekolah diberdayakan untuk membantu penerapan protokol kesehatan tersebut.  Beliau juga menyampaikan bahwa IHT dalam kelompok MGMP ini bertujuan menyamakan persepsi para guru maple dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Dengan demikian diharapkan para guru selalu bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta didik. 

Kendala yang kemungkinan akan terjadi dengan pembelajaran daring yakni pada pelajaran Kimia dan Matematika. Hal ini diungkapkan oleh koordinator dari kelompok MGMP Kimia dan Matematika. Kendala tersebut mengingat kedua mata pelajaran tersebut membutuhkan penjelasan khusus karena dalam bentuk angka-angka dan langkah-langkah penyelesaian soal yang cukup rumit. Walaupun demikian mereka tetap melakukan upaya-upaya terbaik dalam  penyampaian materi pelajaran. Mereka akan tetap melakukan inovasi-inovasi sehingga target pencapaian kurikulum bisa tercapai.

Kita semua berharap apapun pola pembelajaran dan aplikasi yang digunakan oleh para pendidik tetap kita dukung. Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan untuk memotivasi anaknya agar lebih giat dalam  belajar. Kita jangan pernah berputus asa dalam membimbing anak-anak kita karena merekalah generasi harapan bangsa Indonesia. (Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook