Update Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 37 Orang Dan Kasus Konfirmasi 25 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 19 Juli 2020 16:10, Dibaca 1,393 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan, sebanyak 13 kabupaten dan 1 kota di Kalteng sudah terdampak Covid-19. Dari 13 kabupaten dan 1 kota tersebut, salah satunya Kabupaten Sukamara sudah menjadi zona hijau karena dilaporkan tidak ada kasus.

Sementara, Kabupaten Lamandau dilaporkan juga sudah tidak ada kasus aktif selama 28 hari terakhir sehingga secara kriteria sudah dapat katakan zona hijau. Namun, berdasarkan rilis Gugus Tugas Pusat bahwa Kabupaten Lamandau masih dikategorikan zona kuning.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19, 22 November 2021 : Sembuh 1 Orang, Konfirmasi 1 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Sedangkan, Kabupaten Seruyan juga dinyatakan sudah tidak ada kasus aktif, tetapi karena belum mencapai 28 hari sehingga belum dikategorikan zona hijau. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng Rita Juliawati, SKM, M.Si dalam press release yang digelar pada Minggu (19/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Rita Juliawati dalam keterangannya mengatakan, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kalteng sampai pada saat ini sudah mencapai 908 orang. Telah terjadi penambahan sebanyak 37 orang dalam 24 jam terakhir.


Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 12 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 23 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Rita Juliawati juga mengatakan, kasus konfirmasi turut mengalami penambahan dalam jumlah banyak. Dalam 24 jam terakhir, kasus konfirmasi mengalami penambahan sebanyak 25 orang, yaitu 4 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 7 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 4 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan, 5 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya. Kasus konfirmasi yang semula hanya 1.366 orang menjadi 1.391 orang saat ini.


Dari 1.391 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 908 orang sudah dinyatakan sembuh, 79 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 404 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Pasien konfirmasi yang dalam perawatan, mengalami pengurangan sebanyak 12 orang, sehingga yang semula 416 orang menjadi 404 orang saat ini.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,7 persen. Rita Juliawati menuturkan jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 saat ini masih tetap 79 orang saat ini. Tidak ada penambahan dibanding tanggal 18 Juli 2020.


Lebih lanjut disampaikan oleh Rita Juliawati, untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP, ada penurunan sebanyak 18 orang, sehingga dari semula 359 orang menjadi 341  orang.


Distribusi kasus suspek dari masing-masing daerah antara lain Kota Palangka 64 orang, Kabupaten Kapuas 16 orang, Kabupaten Pulang Pisau 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 31 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 86 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Katingan 79 orang, Kabupaten Lamandau 9 orang, Kabupaten Barito Selatan 42 orang, Kabupaten Barito Utara 8 orang dan Kabupaten Gunung Mas 1 orang.

Terakhir disampaikan Rita Juliawati untuk kasus Probable sampai saat ini dilaporkan tidak ada kasus, atau 0 orang.(WDY/Foto:Agung)

 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook