Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 23 Orang Dan Kasus Konfirmasi 20 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 17 Juli 2020 16:21, Dibaca 34 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menghimbau seluruh masyarakat Kalteng untuk bersungguh-sungguh bersama Pemerintah melakukan upaya percepatan pemutusan penyebaran Covid-19 dari Bumi Tambung Bungai. Sebagaimana diketahui, bahwa pandemi Covid-19 telah dialami selama 4 bulan, dan telah menimbulkan dampak pada berbagai aktivitas kehidupan.

Gubernur H. Sugianto Sabran berharap agar seluruh masyarakat Kalteng disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas kita sehari-hari sehingga resiko terpapar Covid-19 semakin bisa ditekan dan pemulihan kesehatan masyarakat, juga pemulihan ekonomi dapat membaik kembali. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Caroline Ivonne dalam press release yang digelar pada Jum’at (17/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19, 27 September 2021 : Sembuh 79, Orang, Konfirmasi 44 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)


Berdasarkan akumulasi yang dihimpun oleh Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, dr. Caroline Ivonne menyampaikan bahwa tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kalteng semakin meningkat, dimana sampai pada hari ini sudah sebanyak 834 orang atau tingkat kesembuhannya 63,3%. Ada penambahan pada pasien sembuh Covid-19 sebanyak 23 orang dalam 24 jam terakhir.


Sebanyak 23 orang yang baru dinyatakan sembuh, antara lain 6 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 12 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan.

dr. Caroline Ivonne juga menyampaikan bahwa kasus konfirmasi juga mmengalami hal sama yakni turut mengalami penambahan. Kasus konfirmasi mengalami penambahan dalam 24 jam terakhir sebanyak 20 orang, yaitu di Kota Palangka Raya sebanyak 12 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 5 orang dan Kabupaten Pulang Pisau 3 orang. Kasus konfirmasi yang semula hanya 1.297 orang menjadi 1.317 orang saat ini.


Dari 1.317 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 834 orang sudah dinyatakan sembuh, 73 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 410 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Pasien konfirmasi yang dalam perawatan, mengalami pengurangan sebanyak 3 orang, sehingga yang semula 413 orang menjadi 410 orang saat ini.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,54 persen. dr. Caroline Ivonne mengungkapkan jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 masih tetap sebanyak 73 orang. Tidak ada penambahan dibanding tanggal 16 Juli 2020.


Sementara, untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP, ada penambahan sebanyak 33 orang, sehingga dari semula 364 orang menjadi 397 orang.


Distribusi kasus suspek dari masing-masing daerah antara lain Kota Palangka 91 orang, Kabupaten Kapuas 18 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 43 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 69 orang, Kabupaten Seruyan 4 orang, Kabupaten Katingan 108 orang, Kabupaten Lamandau 9 orang, Kabupaten Barito Selatan 40 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Murung Raya 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 1 orang.

Terakhir disampaikan dr. Caroline Ivonne untuk kasus Probable sampai saat ini dilaporkan tidak ada kasus, atau 0 orang.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook