Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Data SIGA Se Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018

Kontribusi dari DP3A-PPKB PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 20 September 2018 08:00, Dibaca 1,694 kali.


MMCKalteng - Dinas P3APPKB Prov.Kalteng mengadakan Pelatihan Pengelolaan Data Sistem Informasi Gender dan Anak ( SIGA ) Se Prov.Kalteng Tahun 2018 yang di laksanakan  3 Hari pada tanggal 19 s/d 21 September 2018, Pukul 08.00 Wib tempat Hotel Aquarius Boutique P. Raya acara dibuka oleh Kepala Bidang Data dan Informasi WILLY S. DJALA, SE.  Narasumber kegiatan yaitu ANUGRAH PAMBUDI RAHARJO  Kasubag Sistem Informasi Kementerian PP dan PA RI , Drs. YULI ARSIANTO, MM Kasi Data dan Informasi dari  DP3APPKB JATENG selaku Fasilitator, SONY RIMAWAN ADHY Programer DP3APPKB JATENG, dr. ADM TANGKUDUNG, M.Kes Kepala Dinas P3APPKB Prov.Kalteng), dan TUKAS Kabid Sosial Budaya dan Pemerintah dari  Bappedalitbang Prov.Kalteng.

Sebanyak 53 peserta hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dinas P3APPKB Kabupaten/Kota dan SOPD Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Gubernur Pimpin Apel Siaga Darurat Pencegahan dan Pemadaman Karhutla)

Pelatihan Pengelolaan Data SIGA ini agar meningkatkan Kualitas SDM pengelolaan SIGA, Memperkuat dan mendorong instansi/Lembaga untuk memilah data menurut jenis kelamin dan umur serta dapat disajikan cepat, akurat, komprehenship dan mutakhir, Membangun atau memperkuat mekamisme koordinasi antar instansi dalam pelaksanaan perkumpulan dan pengolahan data terpilah sehingga didapatkan data dan informasi yang akurat tentang data terpilah gender dan anak di tingkat Provinsi maupun di 14 kabupaten/kota.

Penyediaan aplikasi online untuk mencatat dan melaporkan data kekerasan secara nasional melalui SIGA merupakan salah satu elemen penting untuk memudahkan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi efektivitas program dan kegiatan termasuk layanan terhadap perempuan dan anak, pengembangan kebijakan, dan dalam perencanaan.

Yang dihasilkan SIGA yang mampu menyimpan data pengguna, wilayah, instansi, bidang, rumpun bidang, grup, subgrup, kasus, dan data SIGA mampu mengolah dan menyajikan informasi berbentuk table dan grafik.

 

DP3A-PPKB PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook